Bola Internasional

Gasak Timnas Malaysia, Kamboja U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Rabu, 4 Desember 2019 17:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Timnas Kamboja U-23 membuat kejutan besar dengan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Hal itu dipastikan setelah Keo Sokpheng dkk. mengalahkan Malaysia di laga terakhir grup A dengan skor 3-1, Rabu (4/12/19).

Dalam laga melawan Malaysia, Kamboja tampil solid. Pada pertengahan babak kedua, mereka unggul tiga gol hanya dalam kurun 12 menit. Gol Kamboja diciptakan oleh In Sodavid (56’), Sieng Chanthea (58’), dan Keo Sokpheng (68’).

Malaysia kemudian terus mencoba menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan Kamboja hanya membuat mereka mencetak satu gol balasan. Gol Harimau Malaya, yang dicetak Quentin Cheng pada menit ke-89, tak mampu menyelamatkan muka mereka.

Hasil ini membuat Kamboja lolos ke semifinal sepak bola SEA Games untuk pertama kalinya. Ini sekaligus mencatatkan sejarah baru mengingat Kamboja hampir selalu menjadi bulan-bulanan semua lawannya di SEA Games terdahulu.

Kamboja juga lolos dengan cara dramatis. Pasalnya, Filipina juga meraih kemenangan atas Timor Leste dan sama-sama meraih tujuh poin. Hanya saja, Kamboja mencetak 10 gol, yang mana satu lebih banyak daripada Filipina (9).

Sebenarnya, Filipina mencatatkan selisih gol yang sama dengan Kamboja hingga menit ke-89. Mereka hanya butuh mencetak satu gol lagi. Namun, kiper Filipina melakukan blunder kala berupaya menyelamatkan tendangan bebas langsung Timor-Leste. Tepisannya malah membuat bola bergulir ke gawang.

Kamboja lolos ke semifinal SEA Games 2019 dengan status sebagai runner-up grup A, menemani Myanmar yang terlebih dahulu memastikan juara grup. Mereka akan berhadapan dengan juara grup B, yang baru akan ditentukan pada Kamis (5/12/19) besok.