In-depth

Menyambut "Desember Ceria", Saatnya AC Milan Panen Poin di Bawah Stefano Pioli

Jumat, 6 Desember 2019 08:26 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - AC Milan memiliki jadwal relatif mudah di bulan Desember ini yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang poin.

Raksasa Serie A Italia, AC Milan, masih belum menunjukkan penampilan yang konsisten di bawah pelatih baru Stefano Pioli. Dari lima laga terakhir, I Rossoneri meraih dua kemenangan, satu imbang, dan dua kekalahan. 

Namun begitu, AC Milan boleh berbesar hati. Sebabnya, sepanjang bulan Desember 2019 ini Rossoneri bakal melakoni jadwal yang relatif tidak terlalu terjal.

Tak seperti November, pada bulan Desember ini Milan menjalani jadwal pertandingan yang relatif bisa dimenangkan. Berturut-turut Milan akan tandang ke Parma (01/12/19), menjamu Bologna (09/12/19), menjamu Sassuolo (15/12/19), dan tandang ke Atalanta (22/12/19). 

Dari keempat lawan itu, Milan sudah melakoni laga melawan Parma dan menang dengan skor tipis 1-0. Di atas kertas kemampuan AC Milan sedikit lebih unggul atau setidaknya mengimbangi kala berjumpa empat lawannya itu.

Walau terjerembab di posisi ke-11 klasemen sementara, namun permianan ac Milan sejatinya cukup impresif. Melawan Juventus bulan lalu jadi contohnya. Saat itu Milan mampu unggul penguasaan bola dan tembakan ke gawang. 

Hal tersebut kembali ditunjukkan saat berhadapan dengan Parma. Pada partai itu Milan tampil sangat dominan dengan unggul penguasaan bola mencapai 67 persen dan mencetak 27 tembakan (berbanding Parma yang hanya menciptakan delapan).

© AC Milan
Situasi pertandingan pekan ke-14 Serie A Liga Italia antara Parma vs AC Milan, Minggu (01/12/19). Copyright: AC MilanSituasi pertandingan pekan ke-14 Serie A Liga Italia antara Parma vs AC Milan, Minggu (01/12/19).

Setelah Parma, di bulan Desember ini Milan akan melawan Bologna, Cagliari, dan Atalanta. Dari ketiga lawan itu, Cagliari jadi yang paling patut diawasi. 

Sebab, tim asal Sardinia ini tampil mengejutkan musim ini dengan merangsek ke peringkat empat klasemen mengoleksi 28 poin. Namun, melihat performa Milan, sepertinya Cagliari bisa untuk dilibas atau minimal meraih satu poin.

Sedangkan Atalanta saat ini tengah mengalami penurunan performa. Atalanta baru meraih satu kemenangan di lima laga terakhir. Hal ini bisa dimanfaatkan Milan untuk meraih kemenangan.  

Skuat asuhan Stefano Pioli bisa mengemas setidaknya tujuih poin dari tiga laga di bulan ini. 

Keluar dari Mulut Singa

AC Milan boleh merayakan jadwal bulan Desember ini. Sebab, mereka baru saja keluar dari 'mulut singa' dengan menjalankan partai ekstra berat di akhir Oktober dan awal November lalu.

Di bulan November secara beruntun Milan harus melawan Juventus, Juventus, dan Napoli. Hasilnya pun bisa ditebak, jeblok semua. 

© Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Alex Sandro tengah Fernando Suso untuk saling merebut bola pada laga Serie A Italia di Allianz Stadium Copyright: Juventus FC/Juventus FC via Getty ImagesAlex Sandro tengah Fernando Suso untuk saling merebut bola pada laga Serie A Italia di Allianz Stadium

Dari tiga laga itu, Milan cuma mengemas satu poin hasil laga imbang melawan Napoli. Sementara dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan yakni saat ditumbangkan Juventus 1-0 dan 2-1 melawan Lazio. 

Bulan Desember wajib dijadikan kesempatan bagi Stefano Pioli untuk bangkit bersama Milan sekaligiu menambah pundi=pundi Poin Mlan untuk ke papan atas.