Bola Internasional

Rapor M Rafli, Tajam di Uji Coba, Mandul di SEA Games 2019

Jumat, 6 Desember 2019 11:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli usai mencetak gol ke gawang Timnas Iran u-23 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli usai mencetak gol ke gawang Timnas Iran u-23 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19).

INDOSPORT.COM - Muhammad Rafli masih belum mencetak gol di SEA Games 2019. Berikut rapor Muhammad Rafli hingga akhir fase grup SEA Games 2019. 

Timnas Indonesia U-23 berhasil memastikan diri lolos ke babak semifinal SEA Games 2019. Timnas U-23 menjadi runner up Grup B usai menang 4-0 atas Laos. 

Timnas Indonesia mengumpulkan 12 poin, mencetak 17 gol, dan kebobolan 2 gol saja. 

Dari 17 gol yang dijaringkan Timnas U-23 ke gawang lawan-lawannya, ada 8 pemain berbeda yang menjadi pencetak gol. Osvaldo Haay mencetak 7 gol, sedangkan Egy Maulana Vikri mencetak 3 gol. 

Namun, dari 8 orang pencetak gol Timnas U-23 di SEA Games 2019, tak ada nama Muhammad Rafli. Muhammad Rafli sejauh ini belum mencetak satu pun gol di SEA Games 2019. 

Berikut rapor Muhammad Rafli hingga laga terakhir fase grup SEA Games 2019. 

Tajam di Uji Coba 

Muhammad Rafli sejatinya bermain sebagai gelandang serang saat berseragam Arema FC. Namun sejak bergabung dengan pelatnas Timnas U-23, Rafli diplot sebagai striker. 

Dengan posisi barunya tersebut, Rafli justru menjadi semakin tajam. Pada ajang Trofeo Hamengkubuwono X, Rafli mencetak hattrick ke gawang PSIM Yogyakarta dan menjadikan Timnas U-23 juara di ajang ini. 

Selanjutnya pada laga uji coba melawan Iran bulan November 2019 lalu. Pada dua pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari dan Stadion I Wayan Dipta, Rafli mencetak satu gol pada masing-masing pertandingan. 

Ketajamannya saat masa uji coba, membuat Muhammad Rafli menjadi satu-satunya striker yang dibawa Indra Sjafri ke SEA Games 2019. 

Mandul di SEA Games 2019

Kepercayaan pun diberikan kepada Muhammad Rafli untuk menjadi starter pada laga perdana Timnas U-23 di SEA Games 2019 melawan Thailand. 

Sayangnya, pada laga itu Muhammad Rafli gagal mencetak gol meskipun Timnas U-23 berhasil menang 2-0. Pada pertandingan berikutnya vs Singapura, Rafli kembali turun sebagai starter. 

Tapi lagi-lagi Rafli masih gagal mencetak gol meski Timnas U-23 menang 2-0. Beruntung Indra Sjafri langsung merespons mandulnya Rafli dengan perubahan strategi. 

Muhammad Rafli tak lagi menjadi starter dan posisinya digantikan oleh Osvaldo Haay. Hasilnya sangat baik, Osvaldo Haay mencetak hattrick saat melawan Brunei, dan dua gol saat melawan Laos

Muhammad Rafli masih punya kesempatan untuk mencetak gol dan mengakhiri puasa golnya di SEA Games 2019. Gol dari Rafli bisa membantu Timnas U-23 lolos ke final sekaligus memperbaiki rapor pribadinya di SEA Games 2019.