Bola Internasional

Aksi Mencengangkan FIFA untuk Bawa Sepak Bola Benua Afrika Maju

Sabtu, 7 Desember 2019 18:39 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan menggelontorkan dana ekstra besar demi memajukan sepak bola di benua Afrika Copyright: © Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan menggelontorkan dana ekstra besar demi memajukan sepak bola di benua Afrika

INDOSPORT.COM - Induk sepak bola tertinggi dunia, FIFA, belum lama ini mengumumkan informasi bahwa pihaknya akan menggelontorkan dana fantastis untuk membangun stadion setidaknya satu untuk setiap negara di benua Afrika.

Melansir dari BBC Sport, Gianni Infantino selaku presiden FIFA membeberkan hal tersebut pada perayaan ulang tahun ke-80 klub sepak bola asal Republik Kongo, TP Mazembe.

Gianni Infantino menyebut pihaknya ingin membuat sepak bola di benua Afrika bersinar layaknya benua Eropa dan Amerika. Presiden FIFA ini pun berjanji akan bekerja sama dengan otoritas sepak bola benua hitam, CAF, untuk merealisasikannya.

"Kami (FIFA) ingin membawa Afrika ke posisi puncak dan menunjukkan kepada dunia bahwa Afrika memiliki pemain bertalenta," ujar Infantino.

Infantino menyebut bahwa FIFA akan mengimplementasikan tiga pilar untuk meningkatkan kultur sepak bola di benua Afrika, antara lain wasit, infrastruktur,dan kompetisi. Tak tanggung-tanggung, otoritas sepak bola tertinggi dunia tersebut akan menggelontorkan dana hingga 1 triliun dollar atau sekitar Rp14 ribu triliun.

Untuk mengumpulkan dana sebesar itu, FIFA berencana melobi beberapa perusahaan dan pengusaha ternama untuk mewujudkan misinya. Tentu ini kabar menggembirakan selain perhelatan Piala Dunia Afrika Selatan pada 2010 silam.

Sebagaimana diketahui, kultur sepak bola benua Afrika tersisihkan dari hingar bingar si kulit bundar meski telah melahirkan beberapa pemain ternama, salah satunya Didier Drogba yang mendukung rencana FIFA tersebut melalui akun Twitternya.