In-depth

Mario Gomez dan Jacksen Tiago: Malaikat Pembangkit Performa Klub Liga 1

Sabtu, 7 Desember 2019 17:02 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Mario Gomez dan Jacksen F Tiago seperti malaikat pembangkit performa klub Liga 1. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Mario Gomez dan Jacksen F Tiago seperti malaikat pembangkit performa klub Liga 1.

INDOPSORT.COM – Mario Gomez dan Jacksen F. Tiago menjadi dua pelatih asing yang berhasil mendongkrak performa tim Liga 1 bertaring di kompetisi musim 2019 ini.

Padahal dua tim tersebut tengah terpuruk sebelum Mario Gomez dan Jacksen Tiago datang. Klub yang dimaksud adalah Borneo FC dan Persipura Jayapura.

Mario Gomez mampu menjadikan Borneo menjelma sebagai klub papan atas di kompetisi Liga 1. Saat ini ia berhasil menduduki peringkat ke-2 klasemen sementara dengan torehan 49 poin.

Padahal pada musim 2018 lalu, Borneo tak mampu masuk dalam daftar lima besar klasemen Liga 1. Tim berjuluk Pesut Etam tersebut hanya menduduki peringkat ke-7 klasemen akhir.

Kehadiran Mario Gomez nyatanya mampu membawa perubahan signifikan bagi Borneo. Meski perannya tak begitu terlihat, namun Gomez secara diam-diam membangkitkan performa Borneo.

Tak banyak yang sadar, Borneo di bawah Gomez cuma kalah satu kali pada periode pekan ke-6 sampai pekan ke-25. Tak ada tim lain yang menyamai capaian ini di Liga 1 2019. 

Kurangnya sorotan media terhadap performa Borneo membuat mereka seakan jadi 'pembunuh senyap' yang siap menerkam tim mana pun di liga 1. 

Walau banyak meraih hasil imbang, namun Borneo konsisten meraih poin di tiap pekannya. Inilah yang membuat mereka stabil di papan atas dan bahkan mampu masuk tiga besar Liga 1 2019. 

Performa Jacksen Bersama Persipura

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago usai mendampingi timnya berlatih Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTPelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago usai mendampingi timnya berlatih.

Sedangkan Jacksen sukses membangkitkan performa Persipura yang terpuruk di awal musim Liga 1 2019. Kedatangannya di pertengahan Juli lalu, nyatanya berdampak positif bagi Mutiara Hitam.

Bagaimana tidak, pelatih berkebangsaan Brasil tersebut mampu menyelematkan Persipura dari papan bawah Liga 1 2019. Kini, Mutiara Hitam berpotensi menjadi runner-up Liga 1 2019.

Persipura saat ini masih berada di peringkat ke-3 dengan mengoleksi 47 poin. Mereka bisa saja menggeser posisi Borneo apabila berhasil meraih kemenangan atas Bali United pada Minggu (08/12/19) besok.

Sebelum Jacksen hadir, Persipura tampil sangat buruk di Liga 1 2019. Mutiara Hitam tak mampu meraih kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir (sebelum Jacksen melatih).

Jacksen pun seperti malaikat bagi Persipura, dalam 10 pertandingan awalnya, mantan pelatih Barito Putera tersebut hanya kalah satu kali, menang 7 kali, dan dua kali imbang.

Performa Persipura semakin konsisten setelah 10 pertandingan awal Jacksen. Sedikit demi sedikit, Mutiara Hitam berhasil merangsek naik ke papan atas klasemen sementara Liga 1 2019.

Sayangnya, dalam lima pertandingan terakhir, Persipura hanya mampu meraih satu kemenangan, dengan rincian tiga kali kalah, dan sisanya imbang.

Kendati demikian, Persipura masih bisa berpotensi menduduki peringkat kedua klasemen akhir Liga 1 2019. Jacksen harus bersaing dengan Borneo milik Mario Gomez.

Mario Gomez dan Jacksen Tiago bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik di Liga 1 2019. Keduanya mampu lebih unggul dari klub bertabur bintang, yakni Madura United.