Bola Internasional

SEA Games 2019: Indra Sjafri Bicara Soal Aksi Osvaldo Haay dan Kondisi Muhammad Rafli

Sabtu, 7 Desember 2019 00:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri dalam jumpa pers jelang melawan Myanmar U-23 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (06/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri dalam jumpa pers jelang melawan Myanmar U-23 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (06/12/19).

INDOSPORT.COM - Penyerang sayap Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay tampil menggila di SEA Games 2019 dengan menjadi topskor sementara dengan catatan tujuh gol dalam lima pertandingan.

Aksi pemain milik klub Liga 1 2019, Persebaya Surabaya itu berhasil membantu skuat Garuda Muda lolos ke babak semifinal.

Ketajaman Osvaldo Haay pun menjadi perhatian, sebab ia bukanlah striker murni. Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri memainkan Valdo (sapaan Osvaldo) di lini depan lantaran striker utama, Muhammad Rafli mengalami cedera. 

Indra Sjafri berani melakukan 'perjudian' tersebut karena sudah tahu kualitas Osvaldo Haay. 

"Sudah dijawab sendiri, karena Rafli cedera. Ya, Osvaldo bagus, dia main dan dia cetak gol," kata Indra Sjafri.

"20 pemain yang saya bawa adalah anak-anak bangsa terbaik yang saya seribu persen percaya, bukan hanya Osvaldo, bukan hanya Rafli, saya percaya semua. Tidak ada satu pun yang tidak saya percaya, kalau tidak saya tidak akan bawa," imbuhnya.

Dalam lima laga di babak penyisihan, Timnas Indonesia hanya sekali mengalami kekalahan dari Vietnam. Sisanya, skuat Garuda memenangkan laga dan mencetak 17 gol. Hal itu membuat Indra Sjafri pede menjalani laga semifinal esok hari melawan Myanmar.

"Yang jelas dari lima laga, kami kalah satu. Tapi, tidak perlulah saya detailkan progres mereka (pemain) biar jadi konsumsi kami saja," tutur Indra menyoal perkembangan Timnas Indonesia U-23 selama SEA Games 2019.