Bola Internasional

Catatan Golnya di SEA Games Disamai, Kurniawan Puji Habis Osvaldo Haay

Minggu, 8 Desember 2019 09:51 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay tampil menggila sejauh ini di ajang SEA Games 2019. Bomber Persebaya Surabaya itu sudah mengemas delapan gol dan turut membawa Timnas U-23 melangkah ke partai final. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay tampil menggila sejauh ini di ajang SEA Games 2019. Bomber Persebaya Surabaya itu sudah mengemas delapan gol dan turut membawa Timnas U-23 melangkah ke partai final.

INDOSPORT.COM - Osvaldo Haay tampil menggila sejauh ini di ajang SEA Games 2019. Bomber Persebaya Surabaya itu sudah mengemas delapan gol dan turut membawa Timnas U-23 melangkah ke partai final.

Satu golnya terakhir diciptakan ke gawang Myanmar U-23 di partai semifinal di Stadion Rizal Memorial, semalam. Torehan itu sementara membawa pemain berusia 21 tahun tersebut jadi pencetak gol terbanyak di turnamen olahraga terbesar Asia Tenggara saat ini.

Tak hanya itu, catatan delapan gol tersebut juga menyamai prestasi bomber legenda timnas, Kurniawan Dwi Yulianto. Pria yang akarab disapa Si Kurus itu kini menjadi asisten pelatih Indra Sjafri.

Namun jika dilihat dari statistik, torehan Osvaldo lebih oke mengingat dilakukan di satu turnamen saja. Sementara Kurniawan melakukannya dalam dua edisi, yakni di SEA Games 1995 dan 1997.

Prestasi itu mendapat pujian dari Kurniawan. Dia menyebut mantan penyerang Persipura Jayapura tersebut salah satu striker jempolan saat ini.

"Osvaldo lebih hebat pastinya. Dia di satu turnamen, sedangkan saya di dua turnamen. Mudah-mudahan gol-golnya terus berlanjut sampai final dan kita bisa juara. Doakan saja," ungkap Kurniawan.

Sementara Osvaldo mengaku banyak mendapat pelajaran dari sang asisten pelatih.

"Banyak diberi masukkan dari coach Kurniawan dan tenu saya belajar dari dia juga," kata pemain kelahiran Jayapura tersebut.

Timnas Indonesia U-23 sendiri akan melakoni laga final cabor sepak bola di SEA Games 2019 melawan Vietnam U-23 pada hari Selasa, 11 Desember 2019 mendatang.