Liga Champions

3 Klub Besar Saling Sikut, Berikut Hitungan Peluang Lolos dari Grup H Liga Champions

Senin, 9 Desember 2019 22:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - 3 Klub besar, Chelsea, Ajax Amsterdam dan Valencia bersaing ketat untuk lolos dari grup H ke babak 16 Liga Champions 2019/20.

Persaingan ketat fase grup Liga Champions 2019/20 terjadi di beberapa grup. Salah satu di grup H yang dihuni Chelsea, Ajax Amsterdam, Valencia dan Lille.

Berisikan klub-klub besar, persaingan ketat terjadi hingga menyisakan satu pertandingan sisa di fase grup. Namun persaingan hanya melibartkan tiga tim Chelsea, Ajax Amsterdam dan Valencia yang secara poin tak terpaut jauh.

Dengan hanya menyediakan dua tiket menuju babak 16 besar, mau tak mau ketiga klub itu harus saling sikut dan menyisakan satu klub yang hasrus rela terlempar ke Liga Europa.

Hitung-hitungan Peluang

Dengan poin 10 dan untuk sementara menghuni peringkat 1 klasemen grup H Liga Champions, unggul dua poin dari Valencia dan Chelsea, Ajax Amsterdam memiliki peluang yang lebih besar dibanding dua pesaingnya untuk lolos ke babak 16 besar. Bahkan dengan status pemuncak grup.

Tolok ukur sederhananya, sebab mereka akan bermain sebagai tim tuan rumah di laga terakhir, melawan Valencia. Jika di kandang Valencia saja, Ajax Amsterdam bisa menang 3-0 atas Valencia, kemungkinan tak akan kesulitan bagi klub asal Belanda itu untuk mengulang kemenangan. Jika itu terjadi, maka poin Ajax Amsterdam, mustahil terkejar oleh pesaing lainnya di grup H, Chelsea, juga Velencia.

Dengan asumsi Valencia akan tersungkur dari Ajax Amsterdam dan tak bisa menambah poinnya yang kini berjumlah delapan, maka keuntungan akan ada di kubu Chelsea. 

Hanya akan melawan klub juru kunci, Lille di laga terakhirnya, tentu tak akan sulit buat anak asuh Frank Lampard bisa mendapatkan tiga poin penuh. Apa lagi mereka juga akan bermain di kandang sendiri, Stadion Stamford Bridge.

Jika kemenangan itu tercipta, maka Chelsea akan memiliki poin delapan dan otomatis akan berhak mendapatkan satu tiket melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Meski hanya sebagai runner up di bawah Ajax Amsterdam.