In-depth

Hati-hati, Persija Jakarta Semakin Dekat ke Liga 2

Senin, 9 Desember 2019 13:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Media Persija
Persija Jakarta semakin dekat untuk terdegradasi ke Liga 2 musim depan setelah tumbang dari tim papan bawah Badak Lampung, Minggu (08/12/19). Copyright: © Media Persija
Persija Jakarta semakin dekat untuk terdegradasi ke Liga 2 musim depan setelah tumbang dari tim papan bawah Badak Lampung, Minggu (08/12/19).

INDOSPORT.COMPersija Jakarta semakin dekat untuk terdegradasi ke Liga 2 musim depan setelah tumbang dari tim papan bawah Badak Lampung, Minggu (08/12/19).

Bermain di markas Badak Lampung, Persija dipaksa menyerah 0-2 saat menjalani pekan ke-31 Liga 1 2019. Dua gol tim tuan rumah dihasilkan melalui kreasi Arthur Bonai dan Anthony Golec.

Hasil buruk itu membuat Persija selalu menelan kekalahan dalam dua pertandingan terakhir di Liga 1 2019. Sebelumnya, Macan Kemayoran tumbang 0-3 dari Bhayangkara FC.

Parahnya lagi, tim asuhan Edson Tavares tersebut tak pernah mencetak gol dalam dua laga terakhir. Situasi ini membuat Persija semakin dekat dengan Liga 2 pada musim depan.

Macan Kemayoran saat ini harus turun peringkat ke posisi 13 dengan torehan 38 poin. Mereka hanya terpaut lima poin dari tim teratas zona merah Liga 1 2019, yakni Badak Lampung.

Apabila performa Persija tak meningkat pada sisa kompetisi musim ini, bukan tidak mungkin jika mereka benar-benar akan turun kasta ke Liga 2.

Macan Kemayoran sendiri menyisakan tiga pertandingan lagi di Liga 1 2019. Secara berurutan, mereka akan berhadapan dengan Madura United, Persebaya Surabaya, dan Kalteng Putra.

Andai saja ketiga laga tersebut berakhir dengan kekalahan, Persija jelas wajib waspada. Persija bisa saja terdegradasi dan menggantikan posisi Badak Lampung di zona merah.

Skema kalah semua dalam tiga laga tersisa, membuat Persija hanya akan mengumpulkan 38 poin pada klasemen akhir Liga 1 2019.

Sementara Badak Lampung yang kini ada di posisi 16, hanya butuh dua kemenangan saja untuk menyalip Macan Kemayoran.

Bahkan dua tim lainnya yang ada di zona degradasi, Semen Padang dan Kalteng Putra, juga berpotensi menyingkirkan Persija di Liga 1.

Semen Padang bisa saja meraih poin maksimal 40, dan Kalteng Putra paling mentok mengumpulkan 39 poin, atau dengan kata lain semuanya di atas Persija.

Skema Selamatkan Persija di Liga 1

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Xandao (kiri) dalam perayaan kemenangan Persija atas Persipura bertepatan di hari ultah klub ke-91. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTXandao (kiri) dalam perayaan kemenangan Persija atas Persipura bertepatan di hari ultah klub ke-91.

Persija tentunya wajib menorehkan kemenangan dalam tiga pertandingan terkahir Liga 1 2019. Namun jika melihat lawannya, sedikit sulit bagi mereka untuk menyapu bersih kemenangan.

Lawan pertama yang harus dihadapi Persija adalah klub bertabur bintang, yakni Madura United. Meski performa Laskar Sapeh Kerrab tengah menurun, namun bukan hal yang mudah bagi Persija untuk meraih poin penuh.

Pasalnya, dalam pertemuan terakhir kedua tim di Liga 1 2019, Persija dan Madura United harus puas berbagi angka setelah bermain imbang 2-2.

Melihat situasi ini, Persija setidaknya harus mencuri satu poin pada pekan ke-32 Liga 1 2019 nanti. Karena satu poin ini sangat berarti bagi Macan Kemayoran untuk menyelamatkan diri.

Pada pekan ke-33, Persija juga bakal menghadapi salah satu tim terberat di Liga 1, yakni Persebaya Surabaya. Pada pertemuan terakhir dengan Bajul Ijo, Persija juga gagal meraih kemenangan.

Persija dan Persebaya saat itu hanya bermain imbang 1-1. Jika hasil imbang itu terulang kembali, maka posisi Persija di Liga 1 kemungkinan besar bisa aman.

Karena agar bisa bertahan di kasta teratas sepak bola Indonesia, Persija setidaknya harus mengoleksi lima poin hingga akhir musim ini.

Sedangkan di laga terakhir, Persija kemungkinan besar bisa membawa pulang tiga poin. Mengingat Persija akan berhadapan dengan tim yang materi pemainnya jauh dari mereka, yakni Kalteng Putra.

Kendati demikian, Persija tak boleh pandang remeh. Karena saat hadapi Badak Lampung saja mereka tumbang 0-2. Jika performa itu tak membaik, maka Persija bisa saja turun kasta ke Liga 2 musim depan.

1