Liga Indonesia

2 Skema yang Bisa Membuat Persija Jakarta Terdegradasi dari Liga 1

Senin, 9 Desember 2019 07:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
© Media Persija
Persija Jakarta terancam terdegradasi dari Liga 1 2019, andai ke depannya gagal menuai hasil maksimal. Copyright: © Media Persija
Persija Jakarta terancam terdegradasi dari Liga 1 2019, andai ke depannya gagal menuai hasil maksimal.

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta terancam terdegradasi dari Liga 1 2019, andai ke depannya gagal menuai hasil maksimal.

Nama Persija Jakarta kembali dikaitkan dengan potensi degradasi setelah melakoni laga pekan ke-31 kontra Badak Lampung FC. Bermain di markas lawan pada Minggu (08/12/19) kemarin, Macan Kemayoran menyerah 0-2 dari Badak Lampung.

Kekalahan tersebut membuat Persija tertahan di urutan 12 klasemen dengan torehan 38 poin. Anak asuh Edson Tavares kini hanya berjarak lima poin dari tim teratas zona degradasi, yakni Badak Lampung.

Mengingat pentas kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia masih menyisakan tiga laga lagi, Persija jelas wajib waspada. Jika ke depannya terjungkal lagi, bukan mustahil Persija yang berstatus juara bertahan, justru akan terdegradasi dari Liga 1.

Kalau ditelaah lebih jauh, ada dua skema yang sejatinya bisa mengantarkan Persija Jakarta menuju jurang degradasi dari Liga 1 2019. Berikut ulasannya.

Kalah di Semua Laga Tersisa

© Media Persija
Persija vs Badak Lampung FC Copyright: Media PersijaPersija vs Badak Lampung FC

Persija Jakarta menyisakan tiga laga lagi di pentas Liga 1 2019. Secara berurutan, Macan Kemayoran akan jumpa Madura United, Persebaya Surabaya, dan Kalteng Putra.

Andai saja ketiga laga tersebut berakhir dengan kekalahan semua, Persija Jakarta jelas wajib waspada. Persija bisa saja terdegradasi dan disalip Badak Lampung.

Skema kalah semua dalam tiga laga tersisa, membuat Persija hanya akan mengumpulkan 38 poin pada klasemen akhir. Sementara Badak Lampung yang kini ada di posisi 16 dan berjarak lima poin, hanya butuh dua kemenangan saja untuk menyalip Persija.

Bahkan dua tim lainnya yang saat ini menempati zona degradasi, Semen Padang dan Kalteng Putra, berpotensi pula menjungkalkan Persija. Semen Padang poin maksimalnya 40, dan Kalteng Putra paling mentok mengumpulkan 39, atau dengan kata lain semuanya di atas Persija.

Mengumpulkan Kurang dari Lima Poin di Laga Sisa

Persija Jakarta pada intinya hanya butuh tambahan lima poin lagi untuk lolos dari zona degradasi. Tapi andai target itu tak tercapai, Persija yang berstatus juara bertahan bisa-bisa malah terdegradasi dari Liga 1 2019.

Taruhlah Persija di tiga laga tersisa meraih satu kemenangan, satu kali hasil imbang, dan satu kali kalah. Torehan Macan Kemayoran di akhir klasemen nantinya akan berhenti pada angka 42 poin.

Situasi tersebut bisa saja mengantarkan Persija ke jurang degradasi. Badak Lampung yang kini merupakan tim teratas zona degradasi, poin maksimalnya jika memenangkan semua laga sisa juga bakal berada di angka 42.

Mengingat sistem Liga 1 2019 lebih mengutamakan head to head ketimbang selisih gol, maka Badak Lampung posisinya akan berada di atas Persija. Maklum saja, dari dua pertemuan kedua tim musim ini, Persija selalu kalah dari Badak Lampung.

Namun kembali lagi, segala skema yang dijabarkan tadi hanya sekedar penggambaran saja. Kalaupun sampai kalah semua dan gagal mengumpulkan tambahan lima poin di tiga laga sisa, Persija tetap bisa selamat bila tim-tim di bawahnya, Persela Lamongan, Barito Putera, Badak Lampung, Semen Padang, serta Kalteng Putra, turut menuai hasil buruk.

Jadi, bisakah Persija yang berstatus klub juara bertahan, selamat dari ancaman terdegradasi di akhir musim nanti? Mari biarkan waktu yang menjawabnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
100%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%