Liga Indonesia

Termasuk Persija Jakarta, Berikut Deretan Klub yang Masih Bisa Terdegradasi dari Liga 1

Senin, 9 Desember 2019 19:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta bersama enam klub lainnya, masih berpeluang untuk terdegradasi dari Liga 1 yang masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta bersama enam klub lainnya, masih berpeluang untuk terdegradasi dari Liga 1 yang masih menyisakan tiga pertandingan lagi.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta bersama enam klub lainnya, masih berpeluang untuk terdegradasi dari Liga 1 yang masih menyisakan tiga pertandingan lagi.

Disaat persaingan papan atas sudah tak menarik lagi, seiring telah dipastikannya Bali United sebagai juara, Liga 1 2019 yang masih menyisakan tiga pertandingan, justru panas di papan bawah.

Panasnya persaingan papan bawah Liga 1 2019, tak lepas dari belum satu pun klub yang dipastikan akan terdegradasi hingga pekan ke-31 ini.

Bahkan Kalteng Putra yang kini berada di dasar klasemen sekalipun, secara matematis masih berpeluang untuk selamat dan tetap bermain di Liga 1 musim depan.

Secara matematis pula, sengitnya persaingan papan bawah, kini melibatkan tujuh klub yang masih berpeluang untuk terdegradasi di akhir musim. Salah satunya klub juara bertahan, Persija Jakarta.

Berada di peringkat 12 dengan poin 38, Persija Jakarta masih berpeluang untuk terdegradasi, sebab poin mereka masih mungkin terkejar klub-klub di bawahnya, bahkan Kalteng Putra sekalipun yang kini memiliki 30 poin.

Potensi itu pun semakin terbuka, andai di tiga pertandingan sisanya, Persija Jakarta gagal meraih satu pun poin. Kemungkinan itu bisa saja terwujud, karena lawan yang mereka harus hadapi adalah dua tim besar, Madura United dan Persebaya Surabaya. Juga pesaingnya di papan bawah, Kalteng Putra.

Enam Klub Lainnya

Dengan poin yang sama dengan Persija Jakarta, TIRA Persikabo juga masih berpeluang terdegradasi dari Liga 1. Irosnisnya, kondisi TIRA Persikabo kini, terjadi saat mereka sempat berada di peringkat kedua pada awal hingga pertengahan kompetisi.

Selain TIRA Persikabo, dua tim yang kini memiliki poin 37, Persela Lamongan dan Barito Putra juga masih sangat berpeluang untuk masuk zona degradasi. Barito hanya berselisih empat poin dari klub teratas zona degradasi Perseru Badak Lampung.

Soal kemungkinan terdegradasi, tentu paling terbuka kepada tiga klub yang saat ini menjadi penghuni zona merah itu. Yakni Perseru Badak Lampung, Semen Padang dan Kalteng Putra.

Berikut Jadwal Sisa 7 Klub yang Masih Berpotensi Terdegradasi dari Liga 1

  • Persija Jakarta: Madura United, Persebaya Surabaya, Kalteng Putra.
  • TIRA Persikabo: Bali United, Persela Lamongan, PSS Sleman.
  • Barito Putera: PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC.
  • Persela Lamongan: PSS Sleman, TIRA Persikabo, Semen Padang.
  • Perseru Badak Lampung: Bhayangkara FC, Persib Bandung, Persebaya Surabaya.
  • Semen Padang: PSIS Semarang, Borneo FC, Persela Lamongan.
  • Kalteng Putra: Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Persija Jakarta.