Liga Italia

Latih Napoli, Gattuso Tetap Gunakan Formasi AC Milan

Rabu, 11 Desember 2019 23:35 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Gennaro Gattuso, disebut-sebut bakal menjadi pelatih klub Serie A Italia, Napoli. Copyright: © INDOSPORT
Gennaro Gattuso, disebut-sebut bakal menjadi pelatih klub Serie A Italia, Napoli.

INDOSPORT.COM - Gennaro Gattuso dikabarkan akan segera menggantikan Carlo Ancelotti sebagai pelatih Napoli dan diprediksi tetap menggunakan formasi saat ia masih melatih AC Milan.

Napoli tak butuh waktu lama untuk mencari pelatih baru usai resmi memecat Carlo Ancelotti, Rabu (11/12/19) ini. Il Partenopei dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Gennaro Gattuso sebagai pelatih barunya.

Kabar ini disampaikan oleh jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano. Ia menyatakan bahwa Gattuso sudah pasti akan bergabung dan akan diumumkan secepatnya. Gattuso mendapatkan kontrak enam bulan dan opsi perpanjangan satu tahun.

Kini Gennaro Gattuso dikabarkan telah berada di Kota Naples dan siap untuk memberikan instruksi kepada para pemain Napoli untuk latihan perdana. Dilansir dari laman Football Italia, Gattuso diprediksi akan mengganti formasi yang telah Ancelotti terapkan dalam skuat Napoli dengan formasi yang ia gunakan saat masih menjabat sebagai pelatih AC Milan.

Sejak didatangkan pada musim 2018/19, Carlo Ancelotti memang sudah mengganti formasi baku Napoli peninggalan Maurizio Sarri, 4-3-3 dengan formasi andalannya saat ia masih melatih Parma pada 1990, 4-4-2. 

Namun ternyata dengan menggunakan formasi 4-4-2, Lorenzo Insigne dkk malah tampil kurang beringas, tak seperti saat masih ditukangi oleh Sarri. Gattuso yang didapuk sebagai pengganti Ancelotti akan mengembalikan formasi 4-4-2 ke 4-4-3. Formasi yang sudah biasa ia terapkan di AC Milan. 

Dengan formasi ini, musim lalu Genanaro Gattuso membawa AC Milan finish di lima besar klasemen akhir Serie A Italia dengan materi pemain yang tidak terlalu mewah. Dengan skuat Napoli yang dinilai sedikit lebih baik, Gattuso tentu bisa memberikan sesuatu.