Liga Champions

Tanpa Poin di 3 Laga Awal, Ini Kunci Atalanta Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Kamis, 12 Desember 2019 15:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alex Caparros/Getty Images
Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, mengungkap kunci kelolosan timnya ke babak 16 besar Liga Champions, Kamis (12/12/19). Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, mengungkap kunci kelolosan timnya ke babak 16 besar Liga Champions, Kamis (12/12/19).

INDOSPORT.COM – Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, mengungkap kunci kelolosan timnya ke babak 16 besar Liga Champions, Kamis (12/12/19). Ia selalu mengatakan kepada anak asuhnya untuk selalu percaya dan tidak berhenti berjuang.

Lolosnya Atalanta ke babak 16 besar Liga Champions dipastikan usai mengandaskan Shakhtar Donetsk 3-0 di matchday terakhir. Keberhasilan ini terbilang cukup dramatis karena La Dea tidak berhasil meraih poin dalam tiga pertandingan pertama di grup C.

“Kami selalu percaya bisa melakukan ini (lolos ke 16 besar). Kami mungkin kehilangan banyak pemain kunci seperti Duvan Zapata, Josip Ilicic, dan Rafael Toloi. Namun, apa pun yang terjadi, tim ini solid dan punya kualitas,” ucap Gasperini dilansir dari Football Italia.

“Kepercayaan kami makin meninggi ketika pada pekan keempat, kami bisa bermain imbang dengan Manchester City, dan Dinamo Zagreb imbang melawan Shakhtar Donetsk. Itu adalah pertanda takdir bahwa kami bisa melaju jauh di turnamen ini,” lanjutnya.

Kala berhadapan dengan Shakhtar, Gasperini mengaku mendapatkan perlawanan sengit. Terlebih, laga itu dimainkan di Ukraina. Pada babak pertama, Atalanta mendapatkan sejumlah peluang meski gagal berbuah gol.

Pada babak kedua, Atalanta dan Shakhtar kembali bergantian menyerang. Beruntung, La Dea bisa mencetak gol terlebih dahulu lewat Timothy Castagne pada menit ke-66. Laga semakin mudah usai pemain Shakhtar, Domilson, dikartu merah pada menit ke-77.

Kartu merah itu membuat Atalanta bisa mencetak dua gol tambahan. Mario Pasalic melesakkan bola ke gawang Andriy Pyatov pada menit ke-80. Selanjutnya, Robin Gosens semakin membenamkan tim tuan rumah berkat golnya di menit 90+4.

Berbicara mengenai calon lawan, Gasperini mengaku pasrah. Pasalnya, semua tim yang lolos ke babak 16 besar memiliki kekuatan yang merata. Ia mengaku hanya ingin kembali menyajikan sepak bola terbaik yang bisa Atalanta mainkan.

“Mereka semua (tim yang sudah memastikan lolos ke 16 besar) sangat kuat. Tidak pengaruh siapa yang akan kami hadapi nantinya. Kami tidak bisa memilih Juventus atau Manchester City, begitu juga tim unggulan lainnya,” tutup Gasperini.

Capaian Atalanta ke babak 16 Liga Champions sangatlah impresif. Pasalnya, ini adalah keikutsertaan pertama mereka di ajang antarklub bergensi Eropa ini. Tim asuhan Gian Piero Gasperini akan menunggu hasil undian calon lawan pada Senin (16/12/19) esok.