Bola Internasional

Media Asing Pilih 3 Pilar Timnas Indonesia U-23 di Best XI SEA Games 2019

Jumat, 13 Desember 2019 20:43 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tiga pemain Timnas Indonesia U-23 terpilih masuk Best XI SEA Games 2019 versi FOX Sports meski harus puas meraih medali perak. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Tiga pemain Timnas Indonesia U-23 terpilih masuk Best XI SEA Games 2019 versi FOX Sports meski harus puas meraih medali perak.

INDOSPORT.COM – Kiprah pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 banyak menuai pujian meski harus puas meraih medali perak. Media asal Amerika Serikat, FOX Sports, memasukkan tiga pemain Garuda Muda dalam Best XI versi mereka.

Pemain pertama yang dimasukkan FOX Sports ke dalam daftar tersebut ialah Asnawi Mangkualam Bahar. Performanya dianggap sama kuatnya dalam membantu serangan dan menghentikan pergerakan lawan di sisi kanan.

Asnawi disandingkan dengan Amani Aguinaldo (Filipina) dan Doan Van Hau (Vietnam). Aguinaldo dinilai sebagai salah satu pemain Filipina paling menonjol. Sedangkan, Van Hau adalah sosok penting yang membuat Vietnam meraih medali emas.

Nama kedua yang dipilih FOX Sports ialah Saddil Ramdani. Pemain yang musim lalu membela Pahang FA ini kerap melakukan pergerakan yang merepotkan lawan di sisi sayap. Selain apik dalam hal umpan silang, Saddil juga berhasil mencetak dua gol.

Saddil sendiri ditempatkan sebagai sayap kiri. Adapun tiga pemain lain yang dinilai cocok bermain bersama Saddil ialah Sieng Chanthea (Kamboja), Myat Kaung Khant (Myanmar), dan Do Hung Dung (Vietnam).

Chanthea dan Khaung Khant berhasil membawa negaranya tampil di babak semifinal. Sedangkan, Do Hung Dung adalah pemain senior yang dipanggil Park Hang-seo sebagai kapten Vietnam. Hung Dung sendiri mampu mencetak satu gol di partai puncak.

Terakhir, pemain Indonesia yang terpilih ialah Osvaldo Haay. Pemain depan Persebaya Surabaya ini menjadi top skorer SEA Games 2019 dengan delapan gol. Tak hanya membobol gawang tim lemah, Osvaldo menjadi penentu lolosnya Indonesia ke partai final.

Osvaldo Haay kemudian ditandemkan dengan Ha Duc Chinh dan Nguyen Tien Linh (Vietnam). Ha Duc Chinh juga menjadi top skorer dengan delapan gol, sedangkan nama terakhir adalah penggawa Vietnam senior yang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia U-23 sendiri diuntungkan dengan keberadaan Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay di SEA Games 2019. Dengan apa yang telah ditunjukkan, ketiganya dinilai layak untuk masuk dalam daftar ini.