Bola Internasional

Apa Kabar Byron Moreno? Wasit Kontroversial yang Buat Korsel Bahagia dan Italia Menangis

Sabtu, 14 Desember 2019 17:15 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Australian
Sosok Byron Moreno (kiri) sempat menyita perhatian saat dirinya terpilih menjadi wasit dalam laga Piala Dunia 2002 yang mempertemukan Italia dan Korea Selatan. Copyright: © The Australian
Sosok Byron Moreno (kiri) sempat menyita perhatian saat dirinya terpilih menjadi wasit dalam laga Piala Dunia 2002 yang mempertemukan Italia dan Korea Selatan.

INDOSPORT.COM – Sosok Byron Moreno sempat menyita perhatian saat dirinya terpilih menjadi wasit dalam laga Piala Dunia 2002 yang mempertemukan Italia dan Korea Selatan.

Dalam laga yang akhirnya dimenangkan oleh Korea Selatan tersebut, Moreno dipandang berulang kali memberikan keputusan kontroversial yang dirasakan menguntukan Korea Selatan sebagai pihak tuan rumah.

Skuat Gli Azzuri yang kala itu bertabur bintang harus menyerah dari perlawanan Taeguk Warriors setelah Ahn Jung Hwan tampil sebagai pahlawan Korea Selatan dengan golnya di babak perpanjangan waktu.

Keputusan paling kontroversial yang dilakukan Moreno dalam laga tersebut adalah saat dia memberikan kartu kuning kedua untuk Francesco Totti karena Pangeran Roma tersebut dianggap melakukan diving. Padahal saat itu, jarak Moreno dengan Totti berjarak lumayan jauh.

Setelah sempat dipenjara karena kasus penyelundupan 6 kilogram kokain yang disembunyikan di celana dalamnya, wasit yang memutuskan pensiun di usia 36 tahun ini sekarang menjalani kesibukan sebagai komentator olahraga, khususnya sepakbola. Bidang yang pernah dia tekuni selama bertahun-tahun.

Moreno yang selama berkarier menjadi wasit ini banyak mengambil keputusan kontroversial ini pernah diskorsing selama 20 pertandingan dan sempat mendapat skorsing lagi sebelum memutuskan pensiun.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Byron Moreno (@byronmore76) on

Dilansir dari El Universo, meskipun saat ini dirinya telah jauh dari lapangan hijau, Moreno tampaknya tidak akan berhenti membuat kontroversi. Yang terbaru, dirinya melemparkan kritik terhadap Marlon Vera karena dianggap tidak layak untuk tampil sebagai wasit dan penampilannya sebagai wasit adalah karena faktor KKN.

Vera sendiri adalah saudara salah satu penasihat wasit di Liga Ekuador. Dan bagi Moreno, hal tersebut sudah cukup menjelaskan kenapa dirinya selalu mendapatkan laga tiap minggu, meskipun kualitas yang ditunjukkan olehnya sangatlah tidak layak.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%