In-depth

Arsenal vs Man City, Laga yang Tak Lagi Big Match di Liga Inggris

Sabtu, 14 Desember 2019 11:46 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Indosport.com
Pertandingan antara Arsenal vs Manchester United. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pertandingan antara Arsenal vs Manchester United.

INDOSPORT.COM - Arsenal akan menjamu Manchester City, Minggu (15/12/19). Berikut alasan Arsenal vs Man City tak lagi menjadi big match di Liga Inggris

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Inggris musim 2019-20 mulai memasuki pertandingan pekan ke-17 hari ini, Sabtu (14/12/19). 

Setidaknya ada satu pertandingan yang akan mendapat perhatian lebih pekan ini. Laga tersebut adalah Arsenal vs Manchester City. 

Pertandingan antara Arsenal vs Manchester City akan berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (15/12/19) pukul 23.30 WIB. 

Akan tetapi, gengsi dari laga Arsenal vs Manchester City sudah tak lagi seperti musim-musim sebelumnya. Bahkan musim ini cukup sulit menyebut pertandingan ini sebagai laga big match. 

Berikut ini alasan laga Arsenal vs Manchester City tak lagi berstatus big match musim ini. 

Minim Bintang 

Masih ingat dengan skuat Manchester City di musim 2011-12? Saat itu skuat The Citizen dipenuhi sederet penyerang top. 

Mulai dari Carloz Tevez, Sergio Aguero, Edin Dzeko, Emmanuel Adebayor, hingga Mario Balotelli. Sementara itu di lini tengah ada David Silva, James Milner, Adam Johnson, hingga Nigel de Jong. 

Sedangkan skuat Arsenal dihuni oleh Mikel Arteta, Jack Wilshere, Gervinho, Theo Walcott, Andre Arshavin dan juga Robin van Persie. 

Pada musim itu, Arsenal dan Manchester City saling mengalahkan di Liga Inggris. Manchester City sendiri akhirnya finis sebagai juara, dan Arsenal menempati posisi ke-3 klasemen akhir. 

Namun musim ini kondisinya sudah jauh berbeda, Arsenal hanya merekrut David Luiz yang namanya cukup tenar dalam bursa transfer, sedangkan sisanya merupakan pemain yang tak begitu banyak didengar. 

Manchester City juga hampir sama, tak mendatangkan pemain bintang di bursa transfer. Maka laga esok hari akan berjalan dengan minim bintang, apalagi Leroy Sane dan Sergio Aguero masih cedera.

Minimnya pemain bintang di kedua kubu, membuat laga Arsenal vs Manchester City tak ubahnya hanya sebuah laga biasa, bukan laga big match.  

Posisi Klasemen 

Alasan lainnya mengapa laga Arsenal vs Manchester City sudah tak cocok lagi disebut laga big match musim ini adalah posisi kedua tim di klasemen. 

Manchester City saat ini menempati peringkat ke-3 klasemen dengan torehan poin 32 dari 16 pertandingan. Manchester City artinya tertinggal 14 poin dari Liverpool di puncak klasemen. 

Dalam sejarah Liga Inggris, belum ada tim yang berhasil meraih gelar juara jika sudah tertinggal 14 poin dari sang pemuncak klasemen. 

Sehingga membuat Manchester City saat ini bukan berstatus sebagai kandidat juara Liga Inggris musim 2019-20. 

Sementara itu, Arsenal berada di peringkat ke-9 klasemen dengan hanya mengumpulkan 22 poin saja. Posisi Arsenal bahkan lebih buruk daripada Sheffield United (posisi 8) dan Wolverhampton Wanderers (posisi 6). 

Pertandingan antara tim peringkat ke-3 yang sudah cukup sulit untuk meraih gelar juara, melawan tim peringkat ke-9, tidak lagi bisa disebut sebagai laga big match. 

Laga Arsenal vs Manchester City musim ini akan semakin kehilangan gengsinya jika saja tak ada hal menarik yang tersaji dalam laga tersebut.