Liga Indonesia

Diskominfo Papua Siapkan Jaringan Internet Kencang untuk Media Center PON XX

Sabtu, 14 Desember 2019 15:55 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov. Papua telah siap menyambut perhelatan pesta akbar olahraga PON XX 2020. Mereka bahkan akan menyiapkan jaringan internet kencang untuk mendukung tugas jurnalis di media center.

Dijelaskan Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle, jaringan tersebut terakses dari layanan kabel fiber optik yang sudah terhubung secara optimal di beberapa wilayah Papua.

Dia bernai menjamin jika akses internet tersebut nantinya akan bebas hambatan dan tidak lelet seperti jaringan internet biasanya di sana.

"Paling terpenting kami siapkan sarana media center untuk mendukung kegiatan PON XX di semua venue secara optimal. Artinya, jaringan internet yang akan digunakan nanti tak lelet seperti sekarang ini," ungkap Kansiana kepada awak media di Jayapura, Jumat (13/12/19).

Tak hanya itu, Diskominfo juga sudah menyiapkan jaringan internet yang sama untuk mendukung Sistem Informasi Manajemen (SIM) PON XX supaya memudahkan layanan sepanjang event tersebut berjalan.

"Untuk mendukung SIM PON harus tersedia internet juga. Kami juga telah mengantisipasi bagaimana seandainya kejadian seperti force majeur mengganggu jaringan internet di Papua," terangnya. 

"Selain fiber optik di semua venue yang sebagian besar sudah ada, kami juga sedang berupaya agar akses internet kabel FO tersedia di Merauke. Kami juga menyiapkan jaringan VSAT untuk memback up," ucap Kansiana Salle.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian PB PON, Yusuf Yambe Yabdi, mengaku salut dengan persiapan yang sudah dilakukan oleh Diskominfo Papua yang berhubungan dengan IT.

"Yang perlu kita apresiasi adalah beberapa bidang itu sudah selesai seperti bidang IT. Kecepatan harus berbanding lurus dengan kesiapan data dengan portal yang sudah dibangun. Sementara dalam bidang-bidang sendiri ada kebijakan yang teroperasi secara terpusat," pungkasnya.