Liga Indonesia

Jadi Salah Satu Cluster, Pemkot Jayapura Genjot Persiapan PON 2020

Rabu, 11 Desember 2019 14:39 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Rapat Koordinasi Teknis Cluster Kota Jayapura, Rabu (11/12/19). Mereka tengah menggenjot persiapan yang menyangkut fasilitas penunjang seperti penginapan, transportasi, hingga konsumsi atlet. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Rapat Koordinasi Teknis Cluster Kota Jayapura, Rabu (11/12/19). Mereka tengah menggenjot persiapan yang menyangkut fasilitas penunjang seperti penginapan, transportasi, hingga konsumsi atlet.

INDOSPORT.COM - Kota Jayapura akan menjadi salah satu cluster pada perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang, untuk itu Pemerintah Kota setempat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga bersama KONI kini tengah menggenjot persiapan yang menyangkut fasilitas penunjang seperti penginapan, transportasi, hingga konsumsi atlet.

Disampaikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, pihaknya menggelar Rapat Koordinasi Teknis Cluster Kota Jayapura untuk mengkoordinasi dan memastikan kesiapan sebagai tuan rumah.

"Ini kan agenda Nasional, kita berharap berapa cabor di Kota Jayapura yang ditetapkan tidak dirubah lagi. Kita tidak bisa main-main untuk ajang ini. Kalau semua kontingen datang dari seluruh Indonesia, kita harus siapkan dengan baik penginapannya, transportasi, konsumsi dan lainnya," ujar Benhur usai membuka Rakornis Cluster Kota Jayapura, Rabu (11/12/19).

Benhur berharap kepada semua pihak yang terkait di Kota Jayapura untuk tidak berdiam diri dan saling bersinergi menyiapkan PON XX tahun 2020 mendatang.

"Jauh hari kita harus sudah siapkan semuanya. Tidak boleh kita berdiam diri dan tidak boleh tidur sampai dengan pelaksanaan PON nantinya dan mari kita sama-sama menopang supaya sukses PON XX. Jangan kita bikin malu dalam menyiapkan event ini. Penyambutan masyarakat juga harus ramah," ungkapnya.

Benhur juga mengaku pihaknya pun sudah menyiapkan pariwisata Kota Jayapura untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat pada PON XX nanti.

"Saya sudah berkoordinasi dengan PHRI kalau boleh di hotel-hotel itu nanti menyediakan souvenir khas Papua oleh mama-mama Papua, karena ekonomi di event ini sangat luar biasa dan banyak atlet yang yang akan datang kesini. Sehingga souvenir itu akan menjadi oleh-oleh. Begitu juga dengan pantai-pantai dan tempat wisata kita juga tata dengan baik, kita juga punya kapal wisata yang siap untuk dioperasionalkan," pungkasnya.

Sementara itu, Benhur juga berharap KONI Papua bisa menyumbangkan prestasi terbaik bagi Provinsi Papua di ajang PON XX nanti.

"Kalau bisa kita yang dari KONI Kota bisa menjadi penyuplai atlet terbanyak dan terbaik kepada KONI Provinsi supaya kita bisa meraih prestasi yang luar biasa nantinya di ajang PON," pungkasnya.