Liga Inggris

Ada Peran Manchester City Atas Gemilangnya Liverpool di Liga Inggris

Minggu, 15 Desember 2019 13:54 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengomentari performa apik Liverpool di ajang Liga Inggris musim ini. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengomentari performa apik Liverpool di ajang Liga Inggris musim ini.

INDOSPORT.COM - Liverpool mampu tampil gemilang di Liga Inggris 2019-2020. Siapa sangka di balik kesuksesan itu ada peran serta Manchester City selaku tim rivalnya.

Hal ini diungkapkan Pep Guardiola selaku pelatih Manchester City. Ia beranggapan The Citizens menjadi korban kesuksesan sendiri usai meraih predikat jawara kompetisi sepak bola Liga Inggris musim lalu.

Jika sebelumnya Manchester City mampu meraih poin tinggi (98) pada klasemen musim lalu, kini mereka tertinggal karena penurunan performa yang signifikan. Guardiola beranggapan hal inilah yang menjadi pemicu Liverpool kian mantap di Liga Inggris musim ini.

Liverpool sendiri pada klasemen akhir Liga Inggris 2018-2019 meraih 97 poin, hanya berselisih tipis satu angka dari Manchester City. Patokan poin pemuncak klasemen yang semakin tinggi pun kini membuat The Citizens kewalahan, apalagi awal musim ini mereka tampil kurang impresif.

"Ketika saya datang ke sini, butuh 85 poin untuk memenangkan Liga Inggris, sekarang butuh nyaris 100. Kami secara tidak langsung membantu Liverpool, mereka membeli pemain berkualitas dan sekarang berjaya," ujar Guardiola dilansir dari berita Liga Inggris laman Mirror.

"Liverpool kali ini memiliki jangkauan yang jauh, tapi kami masih mengusahakan untuk memperpendek jarak dan ini merupakan tantangan tersendiri. Kami hanya berharap mereka bisa mendapat penurunan poin agak bisa segera terkejar," tutup Guardiola.

Pendapat Guardiola sendiri cukup beralasan mengingat jarak antara keduanya di klasemen sementara Liga Inggris yang terlampau jauh. Liverpool kini masih nyaman di puncak dengan torehan 49 poin tanpa kekalahan sama sekali, berbeda dengan Manchester City yang berada pada posisi tiga dengan 32 poin.

Selisih 17 poin, tak ayal Manchester City terlihat cukup tertinggal. Walaupun begitu mereka masih memiliki kesempatan untuk mengejar dengan syarat Liverpool harus mengalami kekalahan di sisa pertandingan Liga Inggris.

Pada kenyataannya, situasi ini sendiri nampak sulit terealisasikan, mengingat Liverpool tidak menunjukkan tanda-tanda kendor hingga pekan ke-17. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu tercatat makin memperpanjang torehan rekor tidak terkalahan dan dipastikan akan terus melanjutkan tren positif.