Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 PSM Makassar vs PSS Sleman: Elang Jawa Curi Poin

Minggu, 15 Desember 2019 20:34 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
PSM Makassar harus rela bermain imbang dengan PSS Sleman dengan skor 1-1 dalam lanjutan pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019, Minggu (15/12/19). Copyright: © Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
PSM Makassar harus rela bermain imbang dengan PSS Sleman dengan skor 1-1 dalam lanjutan pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019, Minggu (15/12/19).

INDOSPORT.COM – PSM Makassar harus rela bermain imbang dengan PSS Sleman dengan skor 1-1 dalam lanjutan pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019, Minggu (15/12/19), di Stadion Mattoangin, Makassar.

PSM Makassar langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit mula dibunyikan. Tim Juku Eja langsung mendapatkan dua peluang lewat Rasyid Bakri dan Ezra Walian. Namun, dua peluang tersebut belum bisa menemui sasaran.

Tim tuan rumah masih terus menyerang dan terlihat solid dalam menguasai bola. PSM membuat peluang lewat Taufik Hidayat pada menit le-10. Namun, sepakan jarak jauhnya masih bisa diamankan oleh Try Hamdani.

Setelah laga memasuki menit ke-20, PSM meningkatkan intensitas serangan. Mereka menciptakan peluang lewat M. Rahmat, Ezra, dan Rizky Pellu. Namun, hingga pengujung babak pertama, peluang dari ketiganya belum bisa mengubah kedudukan.

Petaka datang untuk PSM pada injury time babak pertama. Bermula dari serangan balik, Yevhen Bokhashvili memberikan umpan kepada Wahyu Sukarta. Nama terakhir kemudian melepas umpan ke sisi kanan kepada Rangga Muslim.

Rangga, yang mampu mengejar umpan tersebut, melepaskan umpan silang cut back ke Yevhen di kotak penalti PSM. Umpan tersebut dikonversi menjadi gol ke gawang Rivky Mokodompit oleh Yevhen. Gol ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk PSS Sleman.

Pada babak kedua, PSM melakukan banyak upaya untuk menyamakan kedudukan. Upaya tersebut menemui hasil pada menit ke-66. Ardan Aras dianggap melakukan handsball di kotak terlarang meski tangannya dinilai berada dalam posisi tak aktif.

Penalti PSM berhasil dieksekusi dengan baik oleh Aaron Evans. Bek asal Australia ini mengarahkan bola secara mendatar ke sisi kanan. Arah bola tersebut berhasil mengecoh Try Hamdani yang bergerak ke arah sebaliknya.

Kedua tim kemudian melakukan pergantian taktik untuk lini depan. PSM memasukkan Zulham Zamrun dan Muhammad Arfan, sedangkan PSS mengganti Arsyad Yusgiantoro dengan Kushedya Hari Yudo. Namun, kedudukan 1-1 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat PSM Makassar tetap berada di peringkat sembilan klasemen sementara Shopee Liga 1 dengan 44 poin. Sedangkan, PSS Sleman selaku tim tamu masih duduk di posisi ketujuh dengan keunggulan satu poin atas PSM.

Daftar Susunan Pemain PSM Makassar vs PSS Sleman:

PSM: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri; M. Rizky Eka Pratama, M. Rahmat, Ezra Walian. Pelatih: Darije Kalezic.

PSS: Try Hamdani Goentara; Purwaka Yudhi, Ardan Aras, Ikhwan Ciptady; Bagus Nirwanto, Derry Rachman, Wahyu Sukarta, Guilherme Batata; Rangga Muslim, Arsyad Yusgiantoro, Yevhen Bokhashvili. Pelatih: Seto Nurdiyantoro.