Liga Indonesia

Bambang Pamungkas Mirip Gerrard, Ini 5 Fakta Usai Persija Jakarta Dipermalukan Persebaya

Selasa, 17 Desember 2019 21:06 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bambang Pamungkas Mirip Gerrard, Ini 5 Fakta Usai Persija Jakarta Dipermalukan Persebaya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bambang Pamungkas Mirip Gerrard, Ini 5 Fakta Usai Persija Jakarta Dipermalukan Persebaya.

INDOSPORT.COM – Termasuk kemiripan Bambang Pamungkas dengan Steven Gerrard, ini 5 fakta usai Persija Jakarta dipermalukan oleh Persebaya Surabaya di Liga 1 2019.

Persija Jakarta menjalani laga terakhirnya di kandang pada ajang Liga 1 dengan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Patriot.

Sangat disayangkan laga yang ditutup dengan perpisahan mengharukan Bambang Pamungkas dengan Persija harus berakhir dengan kekalahan 1-2.

Satu gol dari Marko Simic tak mampu menyelamatkan Persija Jakarta dari kekalahan melawan Persebaya Surabaya. Persebaya sendiri sukses meraih kemenangan berkat gol dari Osvaldo Haay dan Diogo Campos.

Usai laga itu sendiri, Bambang Pamungkas pun mengumumkan pensiun dari Persija Jakarta dan dunia sepak bola sebagai pemain.

Selain fakta kalau laga Persija vs Persebaya menjadi laga terakhir Bambang Pamungkas di Liga Indonesia, ternyata ada hal menarik lainnya yang patut dibahas.

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 5 fakta usai Persija Jakarta dipermalukan Persebaya Surabaya di LIga 1 2019.

Perpisahan Pahit Bambang Pamungkas Mirip Steven Gerrard

© getty images
Steven Gerrard saat masih berseragam Liverpool. Copyright: getty imagesSteven Gerrard saat masih berseragam Liverpool.

Pertama jelas kekalahan 1-2 dari Persebaya Surabaya menjadi perpisahan yang sangat pahit bagi Bambang Pamungkas karena kalah di laga kandang terakhir.

Tapi sebenarnya Bambang Pamungkas tak perlu berkecil hati karena legenda Liverpool, Steven Gerrard juga pernah mengalaminya.

Tepat 16 Mei 2015, Gerrard menutup laga terakhirnya di Anfield bersama Liverpool dengan kekalahan 1-3 dari Crystal Palace. Lagipula biar kalahpun, Gerrard dan Bambang Pamungkas tetap dianggap menjadi legenda bagi masing-masing tim dan sangat disayangi oleh fansnya.

Persija Gagal Ulangi Rekor Bagus di Laga Kandang Terakhir

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Persija Jakarta vs Mitra Kukar Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPersija Jakarta vs Mitra Kukar di Liga 1 2018.

Jika menilik catatan sejarah sejak 2 tahun lalu, sepatutnya Persija Jakarta bisa menutup laga kandang dengan sebuah kemenangan. Pada Liga 1 2017, Persija Jakarta mampu menutup laga kandang terakhirnya dengan kemenangan 1-0 atas Persib Bandung.

Sedangkan setahun berikutnya bahkan kemenangan 2-1 atas Mitra Kukar yang sekaligus memastikan gelar Liga 1 bagi Persija Jakarta.

Namun catatan baik itu tidak bisa diulangi pada Liga 1 musim di mana pada laga perpisahan Bambang Pamungkas, Persija justru menyerah 1-2 dari Persebaya.

Bambang Pamungkas Tak Mampu Cetak 1 Golpun di Laga Kandang Musim Ini

© Instagram.com/persijajkt
Bambang Pamungkas saat tampil membela Persija melawan Ceres Negros di matchday ketiga fase grup Piala AFC 2019. Copyright: Instagram.com/persijajktBambang Pamungkas saat tampil membela Persija melawan Ceres Negros di matchday ketiga fase grup Piala AFC 2019.

Tak ada yang bisa menyangkal kalau Bambang Pamungkas adalah legenda hidup bagi Persija Jakarta. Pernah merengkuh gelar pemain terbaik, top skor hingga juara Liga Indonesia sebanyak 2 kali merupakan mahakarya Bambang Pamungkas untuk Persija.

Namun tak bisa disangkal juga kalau musim terakhir Bambang Pamungkas Persija Jakarta di Liga 1 berjalan tidak terlalu mulus. Bagaimana tidak, Bambang Pamungkas tercatat tidak mampu mencetak satu golpun di laga kandang Liga 1 2019.

Persebaya Buka Peluang ke Pentas Asia

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Persebaya nampak merakan gol kedua Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Persebaya nampak merakan gol kedua

Tak hanya melulu soal Persija, Persebaya Surabaya juga mencatatkan fakta menarik yang patut dibahas. Dengan kemenangan di kandang Persija Jakarta, maka Persebaya Surabaya membuka peluang untuk mentas di kompetisi Asia musim depan.

Persebaya Surabaya kini menempati posisi ketiga dalam klasemen sementara Liga 1 2019. Hanya terpaut satu poin dengan runner-up Liga 1, Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya berpeluang untuk main di Piala AFC musim depan dengan menempati posisi kedua.

Diogo Campos Adalah Momok Persija Jakarta Musim Ini

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Diogo Campos saat berada di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Selasa (17/09/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTDiogo Campos saat berada di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Selasa (17/09/19).

Terakhir menyoal sosok yang menjadi momok bagi Persija Jakarta musim ini yaitu Diogo Campos. Tercatat dua kali sudah Diogo Campos membawa malapetaka bagi Persija Jakarta musim ini.

Pertama adalah saat dirinya menjadi eksekutor penalti Kalteng Putra yang mengeliminasi Persija Jakarta dari Piala Presiden 2019.

Dan yang kedua dengan gol keduanya untuk Persebaya Surabaya, Diogo Campos merusak pesta perpisahan Bambang Pamungkas bersama Persija Jakarta.