In-depth

Ivan Kolev, Sang Pembuka Jalan Bambang Pamungkas Jadi Legenda Persija Jakarta

Selasa, 17 Desember 2019 17:35 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Bambang Pamungkas adalah seorang legenda hidup Persija Jakarta yang menemukan takdirnya berkat Ivan Kolev.

Tak terasa 20 tahun sudah, Bambang Pamungkas berkiprah di belantika sepak bola Indonesia dengan gelimang gelar juara. Ibarat seorang seniman yang telah mengukir tinta emasnya dalam kanvas putih, Bambang Pamungkas telah melakukannya di atas lapangan hijau.

2 Gelar Liga Indonesia (2001 dan 2018), Piala Presiden 2018, 3 gelar di Malaysia hingga 2 Piala Kemerdekaan bersama Timnas Indonesia merupakan mahakarya Bambang Pamungkas. Pernah gonta-ganti tim sampai ke Malaysia, tetapi hati Bambang Pamungkas tetap di Persija Jakarta.

Apalagi debut Bambang Pamungkas di dunia sepak bola terjadi saat masih berkiprah di Persija Jakarta. Dan sosok yang menjadi pembuka jalan Bambang Pamungkas sebagai legenda hidup Persija Jakarta ternyata adalah Ivan Kolev.

Mungkin sudah banyak yang mengenal sosok Ivan Kolev, tapi tak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam pelatih asal Bulgaria yang membuka jalan bagi Bambang Pamungkas itu. Apalagi kini telah beredar kencang isu kalau Bambang Pamungkas bakal segera pensiun.

Karier Sebagai Pemain

Lahir pada tahun 1957 di Sofia, Bulgaria, Ivan Venko Kolev ternyata dulunya merupakan seorang mantan pemain. Semasa masih menjadi pemain, Ivan Kolev berposisi sebagai seorang gelandang yang banyak malang-melintang di Liga Bulgaria.

Mulai dari Lokomotiv Sofia hingga CSKA Sofia, merupakan deretan klub Bulgaria yang pernah memakai jasa Ivan Kolev sebagai pemain. Usai kariernya sebagai pemain, Ivan Kolev pun mulai mengejar profesi sebagai pelatih.

Karier Sebagai Pelatih

Memulai karier sebagai pelatih tim junior Levski Sofia, peruntungan Ivan Kolev ternyata jauh lebih mujur ketika dirinya melatih Timnas Indonesia. Prestasi terbaik Ivan Kolev adalah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2002.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Persija, Ivan Kolev pada jumpa pers jelang babak 8 besar Piala Presiden 2019 lawan Kalteng Putra di stadion Patriot, Rabu (27/03/19). Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPelatih Persija, Ivan Kolev pada jumpa pers jelang babak 8 besar Piala Presiden 2019 lawan Kalteng Putra di stadion Patriot, Rabu (27/03/19).

Namun bagi sepak bola Indonesia, tak hanya runner-up Piala AFF 2002 saja yang menjadi prestasi Ivan Kolev. Mengorbitkan Bambang Pamungkas tampaknya juga perlu dimasukan dalam jasa Ivan Kolev terhadap sepak bola Indonesia.

Pasalnya kalau bukan Ivan Kolev, debut Bambang Pamungkas mungkin akan sedikit terlambat.

Kisah di Balik Debut Bambang Pamungkas oleh Ivan Kolev

Berdasarkan data dari buku Bepe 20 Pride, debut Bambang Pamungkas di Persija Jakarta terjadi pada 5 Januari 1999. Ketika itu jelang duel Persija Jakarta vs PSDS, Ivan Kolev sedang kekurangan stok pemain di tim utama.

Untuk itu, Ivan Kolev pun melirik ke stok pemain muda dan Bambang Pamungkas langsung dipilih. Saat itu Ivan Kolev melakukan keputusan yang sangat berani dengan menempatkan Bambang Pamungkas yang belum genap 20 tahun sebagai ujung tombak.

Perjudian Ivan Kolev pun pada akhirnya membuahkan hasil karena Bambang Pamungkas mampu membayar kepercayaan yang diberikan kepadanya. Bambang Pamungkas pun sejak itu menjadi pemain inti dan mengakhiri kompetisi sebagai top skor dengan torehan 24 gol.

Meski pada saat itu, Persija Jakarta gagal memenangi Liga Indonesia 1999/2000 karena kalah dari PSM Makassar di semifinal. Tahun itu akan diingat sebagai lahirnya legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas yang menemukan takdirnya setelah dibuka jalannya oleh Ivan Kolev.