Liga Indonesia

3 Keuntungan PSM Makassar Bila Musim Depan Dilatih Simon McMenemy

Senin, 16 Desember 2019 07:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
3 Keuntungan PSM Makassar Bila Dilatih Simon McMenemy Copyright: © INDOSPORT
3 Keuntungan PSM Makassar Bila Dilatih Simon McMenemy

INDOSPORT. COM - Klub Liga 1, PSM Makassar bakal mendapatkan sejumlah keuntungan sekaligus andai musim depan dilatih oleh Simon McMenemy.

Kabar mengenai kursi kepelatihan PSM Makassar belakangan sedang menjadi sorotan. Terutama jelang berakhirnya Liga 1 2019, yang mana tim Juku Eja baru saja mendepak pelatihnya, Darije Kalezic.

Kepergian Darije Kalezic membuat PSM Makassar perlu mencari nama baru sebagai juru taktik tim. Beberapa sosok pelatih sudah mulai dikaitkan dengan PSM Makassar, namun hanya satu yang menjadi heboh, yakni Simon McMenemy.

Seperti yang tertera pada unggahan akun Twitter, @Indostransfer beberapa waktu lalu. Unggahan Indostransfer menyebutkan bahwa Simon McMenemy menjadi kandidat kuat pelatih anyar PSM Makassar untuk musim depan.

Harus ditekankan sekali lagi, kabar soal Simon McMenemy melatih PSM Makassar memang masih sekedar isu belaka. Namun kalau sampai terwujud, PSM Makassar sepertinya bisa meraup sejumlah keuntungan sekaligus.

Lalu, apa saja keuntungan yang mungkin didapatkan PSM Makassar itu? INDOSPORT coba membuat perkiraannya ke dalam ulasan berikut.

Mental Juara

PSM Makassar sudah dalam tiga musim era Liga 1 selalu gagal keluar sebagai juara. Walau pada musim 2017 dan 2018 selalu menghiasi tiga besar papan atas, prestasi tersebut belum cukup untuk menuntaskan dahaga gelar PSM Makassar.

Simon McMenemy sepertinya bisa jadi sosok yang tepat untuk menuntaskan target juara PSM Makassar. Maklum saja, rekam jejak Simon memang pernah dihiasi dengan trofi juara Liga 1.

Semua dibuktikannya pada gelaran Liga 1 2017 lalu. Simon kala itu sukses mengantarkan Bhayangkara FC menjadi jawara Liga 1, mengungguli pesaingnya Bali United yang harus puas finis di posisi runner-up.

© PSSI
Simon McMenemy saat konferensi pers usai Timnas Indonesia dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (11/10/19) malam WIB. Copyright: PSSISimon McMenemy saat konferensi pers saat masih melatihTimnas Indonesia yang dibantai telak 5-0 oleh UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (11/10/19) malam WIB.

Jam Terbang Internasional

Simon McMenemy punya rekam jejak jam terbang internasional yang mumpuni. Semasa masih menukangi Timnas Indonesia contohnya, Simon terbiasa menghadapi lawan-lawan yang berasal dari luar negeri.

Bahkan sebelum melatih Timnas Indonesia, Simon juga punya pengalaman lain bersama Filipina. Tahun 2010 lalu, Simon bertugas sebagai pelatih kepala tim nasional Filipina dan berlaga di pentas internasional.

Hal itu sepertinya bisa memberikan keuntungan bagi PSM Makassar andai jadi dilatih Simon. Maklum saja, PSM Makassar musim depan memang akan berlaga di ajang internasional Piala AFC 2020 lewat jalur kualifikasi, dan bertemu dengan tim-tim Asia lainnya.

Mengenal Iklim Sepak Bola Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum kalau Simon McMenemy merupakan pelatih yang berpengalaman di kancah sepak bola Indonesia. Setidaknya sejak era Liga 1 dimulai, nama Simon McMenemy sudah menukangi klub Tanah Air, Liga 1.

Reputasi Simon McMenemy makin meningkat lagi setelah pada tahun 2019 ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Walau kini sudah dipecat, Simon pasti mengerti betul dengan iklim sepak bola kita.

Hal itu jelas bisa memberikan dampak baik bagi PSM Makassar jika musim depan jadi dilatih Simon. Kedatangan Simon tak perlu lagi memerlukan masa adaptasi terlalu banyak berkat segala pengalamannya tadi.

Apalagi untuk urusan perekrutan pemain lokal. Pekerjaan Simon yang dulu wajib menyeleksi pemain terbaik untuk Timnas Indonesia, diyakini membuatnya lebih cermat dalam menentukan kebijakan transfer PSM Makassar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%