Liga Indonesia

Deretan Pelatih yang Pernah Tangani Bambang Pamungkas, Mana Paling Sukses?

Selasa, 17 Desember 2019 18:56 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – 20 tahun sudah Bambang Pamungkas berkiprah di dunia sepak bola dengan ditangani oleh belasan pelatih, tapi mana yang paling sukses?

Sejak debut pada 1999 yang diberikan oleh pelatih Ivan Kolev di Persija Jakarta, ternyata begitu banyak kenangan manis berhasil ditorehkan oleh Bambang Pamungkas. Mulai dari gelar top skor hingga juara Liga Indonesia bersama Persija adalah segelintir prestasi Bambang Pamungkas.

Untuk itu, di pertandingan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya yang mana tersiar isu bahwa Bambang Pamungkas akan pensiun. Menarik untuk melihat kembali deretan pelatih yang pernah menangani Bambang Pamungkas selama berkarier di Indonesia khususnya.

Ternyata dari Ivan Kolev, Sofyan Hadi, Herry Kiswanto, Atanas Georgiev, Carlos Garcia Cambon, Sergei Dubrovin, Danurwindo, Benny Dolo, Rahmad Darmawan, Iwan Setiawan, Dejan Antonic, Paulo Camargo, Stefano Cugurra Teco, Julio Banuelos, hingga Edson Tavares, hanya ada 2 yang paling sukses.

Sofyan Hadi dan Stefano Cugurra Teco

© Herry Ibrahim/Indosport
Stefano Cugurra Teco (pelatih Persija Jakarta) Copyright: Herry Ibrahim/IndosportStefano Cugurra Teco (eks pelatih Persija Jakarta).

Dua pelatih yang paling sukses adalah Sofyan Hadi dan Stefano Cugurra dikarenakan hanya merekalah yang sanggup membawa Persija juara Liga Indonesia bersama Bambang Pamungkas. Tetapi jika mau dibandingkan, sebenarnya Bambang Pamungkas mungkin lebih sukses di zaman Sofyan Hadi.

Soalnya bersama Sofyan Hadi, Bambang Pamungkas boleh dikatakan sukses mencapai peforma terbaiknya dengan membawa Persija Jakarta juara Liga Indonesia 2001 sekaligus gelar pemain terbaik. Sedangkan saat bersama Teco, Bambang Pamungkas sudah mulai uzur.

Oleh karena itu Teco saat itu lebih banyak menjadikan Bambang Pamungkas sebagai supersub saja ketika Persija sedang buntu di Liga Indonesia 2018. Namun jika melihat Bambang Pamungkas mampu jadi juara Liga Indonesia bersama Sofyan Hadi dan Teco.

Rasanya menjadi bukti kalau Bambang Pamungkas mampu sukses bersama pelatih asing ataupun pelatih lokal.