In-depth

Drawing 16 Besar Liga Champions: Atalanta Satu-satunya Harapan Serie A Italia?

Selasa, 17 Desember 2019 08:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Alex Caparros/Getty Images
Atalanta nampaknya akan jadi satu-satunya harapan sepak bola Italia seiring hasil drawing babak 16 besar mempertemukan mereka dengan Valencia. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Atalanta nampaknya akan jadi satu-satunya harapan sepak bola Italia seiring hasil drawing babak 16 besar mempertemukan mereka dengan Valencia.

INDOSPORT.COM - Atalanta nampaknya akan jadi satu-satunya harapan sepak bola Italia seiring hasil drawing babak 16 besar mempertemukan mereka dengan Valencia.

Federasi sepak bola Eropa, UEFA baru saja merampungkan drawing atau undian untuk babak 16 besar Liga Champions serta 32 besar Liga Europa di Nyon, Swiis, pada Senin (16/12/19) kemarin.

Sebelum undian dilakukan 16 tim yang lolos ke babak 16 besar dibagi menjadi dua kategori, yaitu unggulan dan non unggulan. Untuk unggulan, terdiri dari Barcelona, Bayern Munchen, Juventus, RB Leipzig, Liverpool, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Valencia.

Kedelapan tim di atas akan dipertemukan dengan delapan tim non unggulan yang lolos lewat jalur runner-up, yakni Atalanta, Atletico Madrid, Chelsea, Borussia Dortmund, Lyon, Napoli, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Usai drawing dilakukan, Atalanta vs Valencia menjadi salah satu laga yang menarik. Karena tentu ini menjadi sebuah keuntungan bagi wakil Serie A Italia itu, bertemu dengan tim kategori unggulan tapi bukan Barcelona, Juventus atau Liverpool.

Hasil drawing 16 besar Liga Champions ini pun disambut dengan sumringah oleh Presiden Atalanta, Antonio Pecassi yang menyebut bertemu Valencia adalah kado natal untuk timnya. 

"Tim-tim besar bisa kami hindari, tapi ini tetap merupakan lawan yang sulit. Ini benar-benar kado natal yang indah. Jujur, mereka itu lawan yang cocok untuk kami di babak 16 besar Liga Champions," ucap Pecassi dilansir dari Football Italia.

Atalanta lebih dulu bermain sebagai tim tuan rumah menjamu Valencia di Stadion Bergamo di leg pertama tanggal 20 Februari 2020. Sementara leg kedua, akan dihelat di Stadion Mestalla, markas Valencia pada tanggal 11 Maret 2020.

Namun, apakah benar Valencia memang menjadi kado natal untuk Atalanta? Pantaskah jika wajah sepak bola Italia hanya bergantung pada Atalanta usai hasil drawing babak 16 besar Liga Champions?

Atalanta Satu-satunya Harapan Serie A Italia di Liga Champions

© Paolo Magni /ANSA via AP
Para pemain Atalanta sedang berselebrasi Copyright: Paolo Magni /ANSA via APPara pemain Atalanta sedang berselebrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa Serie A Italia memang terus menurun koefisiennya di Liga Champions karena penampilan para wakilnya yang kebanyakan tersingkir di babak 16 besar atau perempatfinal.

Seperti pada Liga Champions 2018-2019 kemarin saja, AS Roma harus tersingkir di babak 16 besar. Sementara Juventus, secara mengejutkan tak mampu melewati hadangan Ajax Amsterdam di babak perempatfinal musim lalu.

Kini hasil drawing babak 16 besar Liga Champions sudah keluar dan selain Atalanta vs Valencia, akan ada pertemuan klub Italia dengan lawan yang lebih berat, yaitu Napoli vs Barcelona.

Kita tahu, bahwa Barcelona merupakan klub yang sangat kuat di atas kertas ketimbang Napoli. Tentu, skuat Napoli yang baru saja pecat Carlo Ancelotti, akan langsung bertemu klub yang memiliki Lionel Messi, pemain yang baru meraih Ballon d'Or ke-6 di awal Desember kemarin.

Apalagi kita tahu bahwa Blaugrana tak terkalahkan di sepanjang fase grup Liga Champions musim ini. Dari 6 pertandingan yang sudah mereka lakoni, 4 kemenangan dan 2 hasil imbang mengantarkan mereka ke babak 16 besar sebagai juara Grup F dengan torehan 14 poin.

Menurut Soccerway, dari total 4 pertemuan Napoli vs Barcelona, klub asal Italia itu tampil memalukan dengan 3 kekalahan. Hanya sekali menang tipis 1-0, itu pun pada tahun 2014 lalu.

Oleh karena itu, ketimbang Napoli yang bertemu dengan Barcelona, lebih baik para pecinta sepak bola Italia menggantungkan harapan pada Atalanta. Valencia diyakini bukan lawan seberat Barcelona untuk klub Italia.

Apalagi Atalanta juga punya modal cukup untuk tampil percaya diri menghadapi Valencia di babak 16 besar Liga Champions. Seperti menahan imbang 1-1 Manchester City di laga ke-4 Grup C pada November lalu.

Bahkan lebih menakjubkannya lagi, kelolosan Atalanta ke babak 16 besar menjadi rekor terbaru di sejarah Liga Champions. Yaitu klub pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah menelan 3 kekalahan beruntun di tiga laga perdana fase grup.

Oleh karena semangat juang yang dimiliki oleh Atalanta hingga lolos ke 16 besar, pelatih Valencia, Albert Celades mengisyaratkan bahwa La Dea akan jadi lawan yang sangat sulit di babak 16 besar Liga Champions mendatang.

"Kami harus mempelajari mereka, karena mereka skuat yang sangat bagus secara fisik dengan lini serang yang berkualitas. Kami harus benar-benar waspada akan kekuatan Atalanta," ucap Celades dilansir dari situs resmi UEFA.

Untuk pertemuan head to head kedua tim, Atalanta vs Valencia pernah terjadi di laga persahabatan pada musim panas 2017 lalu. Saat itu Atalanta juga berhasil memenangkan laga dengan skor 2-1.

Selain itu, penampilan Atalanta juga terbilang konsisten sejauh musim ini. Khususnya di Serie A Italia, mereka sejak musim ini bergulir, terus menyulitkan persaingan di posisi enam besar. 

Kini mereka berada di urutan ke-6 klasemen sementara Serie A Italia dengan torehan 28 poin. Dari total 16 kali main, Atalanta berhasil menang 8 kali, 4 kali imbang dan 4 kali kalah. Sekarang saatnya fokus ke Liga Champions, Atalanta.