Liga Italia

Kampanye 'Buruk' Serie A Italia Perangi Rasis Tuai Kecaman Netizen

Selasa, 17 Desember 2019 16:16 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Hellas1903.it
Kampanye Serie A Italia untuk memerangi rasisme yang telah mengakar daun di negeri Pizza tuai kecaman dari Netizen Copyright: © Hellas1903.it
Kampanye Serie A Italia untuk memerangi rasisme yang telah mengakar daun di negeri Pizza tuai kecaman dari Netizen

INDOSPORT.COM - Penyelenggara Serie A Italia saat ini tengah menjadi sorotan usai inisiatif mereka untuk memerangi rasisme menuai kecaman dari netizen dan pecinta sepak bola.

Belum lama ini beredar sebuah foto yang disebutkan sebagai kampanye dari penyelenggara Serie A Italia untuk memerangi rasisme. Dalam foto tersebut terdapat logo kompetisi negeri Pizza yang dilaporkan akan berada di tunel-tunel stadion.

Selain logo Serie A Italia, terdapat tiga gambar kepala kera yang digunakan untuk merepresentasikan orang Asia, Barat (Eropa dan Amerika) serta Afrika (orang kulit hitam).

Ide ini digagas untuk mengatasi rasisme yang mendarah daging. Namun, bukannya menarik simpati, usaha Serie A Italia tersebut menuai kecaman. Pasalnya, maksud dari gambar tersebut terkesan memojokkan suatu etnis oleh netizen.

Selain itu, netizen menyebutkan ada lebih banyak poster yang layak ketimbang gambar yang diusung oleh penyelenggara Serie A Italia. Hal ini justru menjadi polemik karena cara yang dipakai dianggap terlalu buruk.

Rasisme menjadi permasalahan paling pelik di kancah Serie A Italia. Pemain-pemain seperti Romelu Lukaku, Mario Balotelli, dan bahkan Miralem Pjanic disebut menjadi korban dari tindakan amoral ini sepanjang perhelatan musim 2019-2020.