Bola Internasional

Apa Kabar Ivan Zamorano, Legenda Inter Milan yang Bikin Rekor di El Clasico

Rabu, 18 Desember 2019 13:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© nerazzurriale.id
Apa kabar Ivan Zamorano, salah seorang legenda Inter Milan yang berhasil menciptakan rekor di laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid. Copyright: © nerazzurriale.id
Apa kabar Ivan Zamorano, salah seorang legenda Inter Milan yang berhasil menciptakan rekor di laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Ivan Zamorano, salah satu legenda Inter Milan yang berhasil menciptakan rekor dalam laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.

Ivan Zamorano merupakan penyerang yang lahir di Ibu Kota Chile, dan pada setengah abad silam ia menjelma menjadi striker yang terkenal akan kerja keras serta gigih dalam mencetak gol.

Zamorano memulai karier profesionalnya di klub Chile, Cobresal pada tahun 1984, dan sepanjang kiprahnya di dunia sepak bola ia telah memperkuat dua klub Eropa ternama.

Dua klub tersebut adalah Real Madrid dan Inter Milan. Bahkan, Zamorano pernah memberikan berbagai gelar kejuaraan bergengsi semacam Piala UEFA, LaLiga, serta Copa del Rey.

Pada masanya, Zamorano dikenal sebagai penyerang yang menakutkan. Dirinya pun dijuluki Ivan El Terrible, atau Ivan yang mengerikan. Hal ini tak lepas dari kontribusi golnya sebagai penyerang bersama beberapa klub yang dibelanya.

Total dirinya mencetak 100 gol dari 260 laga selama 19 tahun berkecimpung di dunia sepakbola. Puncak kariernya terjadi saat ia membela Real Madrid. Dalam 98 kali bermain untuk Los Blancos, dirinya mampu mencetak 58 gol. 

Sementara saat di Inter Milan, dirinya hanya mampu mencetak 31 gol dan 1 assist dari 130 laga yang telah dijalankan bersama La Beneamata. Maklum, saat bergabung bersama Inter, Bam Bam telah memasuki umur 29 tahun, serta kalah saing dengan Diego Simeone yang saat itu masih berumur 26 tahun.

Dalam sepanjang karirnya di LaLiga, terdapat satu pencapaian manis yang diraih Ivan Zamorano bersama Real Madrid yakni sempat menjadi pencetak gol beruntun terbanyak saat tampil di laga El Clasico kontra Barcelona.

Dalam lima laga El Clasico beruntun, striker bernomor punggung 9 tersebut mencetak lima gol. Dia pun menjadi pemain kedua dengan total gol beruntun terbanyak dalam sejarah El Clasico. Zamorano hanya kalah dari Cristiano Ronaldo, yang berhasil mencetak tujuh gol dari enam pertandingan berturut-turut.

Setelah memutuskan pensiun pada 2003 silam, kini Ivan Zamorano lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pundit sepak bola dan beberapa kali sempat diundang dalam pertandingan big match liga-liga Eropa.

Salah satunya saat final match day babak penyisihan grup Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona, ia sempat diundang ke Miami untuk menjadi komentator bersama legenda Barcelona, Hristo Stoichkov.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ivan Zamorano ⚽️ (@bambam9oficial) on

Selain aktif sebagai pundit sepak bola, Ivan Zamorano juga menjadi sosok penting kota Chile dan pernah menjabat sebagai duta promosi sistem transportasi kota Santiago, Transantiago.

Namun sayang program yang ia promosikan itu membawa kritikan cukup tajam, lantaran beberapa sistem transportasi masa tersebut mengalami kegagalan bahkan beberapa sudah alat suda ada yang rusak.

Zamorano juga masih sering mengikuti perkembangan mantan klubnya di LaLiga, Real Madrid. Teranyar, ia turut memberikan dukungan kepada kapten Los Blancos, Sergio Ramos jelang partai El Clasico kontra Barcelona pada Kamis (19/12/19) dini hari WIB.