Liga Indonesia

Tua-tua Keladi, Ini 3 Kiper Gaek dengan Clean Sheet Terbanyak di Liga 1

Kamis, 19 Desember 2019 16:27 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tua-tua Keladi, Ini 3 Kiper Gaek dengan Clean Sheet Terbanyak di Liga 1. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tua-tua Keladi, Ini 3 Kiper Gaek dengan Clean Sheet Terbanyak di Liga 1.

INDOSPORT.COM – Tua-tua keladi alias makin tua makin jadi tampaknya sangat cocok untuk menggambarkan 3 kiper gaek ini yang sukses catat clean sheet terbanyak di Liga 1 2019.

Clean sheet adalah salah satu indikator statistik yang dapat dijadikan sebagai parameter untuk melihat apakah kiper itu sudah tampil baik atau tidak. Soalnya sebagai seorang penjaga gawang, mencatatkan clean sheet itu sangatlah sulit.

Akan tetapi bagi 3 kiper gaek ini, clean sheet adalah makanan sehari-hari berkat pengalamannya di bawah mistar. Itu terbukti dengan daftar pengumpul clean sheet terbanyak di Liga 1 ternyata dikuasai oleh para penjaga gawang yang sudah uzur.

Memang, posisi kiper tidak sama dengan posisi lainnya di mana semakin tua justru membuat sang penjaga gawang menuju peforma puncaknya. Lantas siapa saja kiper gaek yang sukses catatkan clean sheet terbanyak di Liga 1 musim ini?

Dede Sulaiman – Persipura Jayapura

Pertama ada penjaga gawang Persipura Jayapura, Dede Sulaiman yang sukses menorehkan catatan 12 kali clean sheet dari 29 pertandingan. Penjaga gawang berusia 33 tahun kelahiran Jakarta itu sejatinya sempat duduk di bangku cadangan di awal musim Liga 1.

Akan tetapi begitu Dede Sulaiman mulai menjadi penjaga gawang utama, pertahanan Persipura Jayapura yang tadinya begitu kacau perlahan mulai membaik. Itu terbukti dengan gawang Persipura Jayapura yang hanya bobol sebanyak 30 kali kalau Dede Sulaiman jadi kiper.

© INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Dede Sulaiman Copyright: INDOSPORT/ Ratno PrasetyoDede Sulaiman

I Made Wirawan – Persib Bandung

Dengan jumlah clean sheet yang sama, I Made Wirawan ternyata juga sanggup menampilkan peforma apik di bawah mistar gawang Persib Bandung. Meski sudah berusia 38 tahun, I Made Wirawan mampu memberi rasa aman terhadap lini pertahanan Persib Bandung.

Bahkan selama Made Wirawan yang berdiri di bawah mistar gawang, Persib Bandung hanya kebobolan sebanyak 27 kali dalam 30 pertandingan. Namun perlu diketahui bahwa catatan gemilang Made Wirawan tak lepas dari cedera panjang yang dialami Muhammad Natshir.

Pasalnya status Made Wirawan yang tadinya hanya deputi Natshir akhirnya naik pangkat setelah sang kiper utama mengalami cedera di laga Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Wawan Hendrawan – Bali United

© baliutd.com
Wawan Hendrawan saat akan melawan PSIS Copyright: baliutd.comWawan Hendrawan saat akan melawan PSIS

Terakhir adalah kiper dari klub juara Liga 1 2019 yaitu Wawan Hendrawan yang telah berusia 36 tahun. Kiper Bali United itu memang tampil mengesankan musim ini hingga membuatnya sempat dipanggil oleh Simon McMenemy di Timnas Indonesia.

Dengan torehan 12 clean sheet membuat Wawan Hendrawan hanya mampu dijebol sebanyak 28 kali dalam 30 pertandingan. Wawan Hendrawan, I Made Wirawan, Dede Sulaiman menjadi bukti kalau usia hanyalah angka untuk berprestasi di Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%