Bola Internasional

Mesut Ozil Bela Uighur, Berikut 6 Pesepak Bola Muslim Paling Dikenal Dunia

Kamis, 19 Desember 2019 13:13 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bintang sepak bola Arsenal, Mesut Ozil, menjadi sorotan setelah ikut memberikan komentar terkait konflik yang menimpa kelompok Muslim Uighur di China. Ozil mengecam negara-negara Muslim yang tidak bersuara tentang kejadian tersebut.

Melalui akun Twitter pribadinya, Mesut Ozil turut mengomentari tindakan kekerasan terhadap kelompok Muslim Uighur.

“(Di China) Qur’an dibakar, masjid-masjid ditutup, sekolah-sekolah Muslim dilarang. Cendikiawan dibunuh satu per satu. Terlepas dari itu semua, Muslim tetap diam,” tulis pemain berdarah Turki itu melalui Twitter pribadinya, @MesutOzil1088.

Akibat cuitannya tersebut, pemerintah China balik mengecam Mesut Ozil. Bahkan, saking geramnya, pemerintah Negeri Tirai Bambu lantas meminta Ozil dihapus dari game Pro Evolution Soccer (PES) 2020.

Terlepas dari dukungannya pada Muslim Uighur yang membuat dirinya dikecam pemerintah China, Mesut Ozil merupakan sosok pemain sepak bola Muslim yang dikenal taat. Namun, Ozil bukanlah satu-satunya pemain muslim yang namanya dikenal hampir di seluruh dunia.

Berikut 5 pemain sepak bola Muslim paling dikenal dunia.

1. Mesut Ozil

© Metro
Mesut Ozil digantikan di babak pertama laga Boxing Day Arsenal vs Brighton Copyright: MetroBintang sepak bola klub Liga Inggris, Arsenal, Mesut Ozil, menjadi sorotan setelah ikut memberikan komentar terkait konflik yang menimpa kelompok Muslim Uighur di China.

Sebelum menjadi sorotan akibat komentarnya tentang Muslim Uighur, Mesut Ozil sudah lebih dulu dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola Muslim dengan karier gemilang.

Ozil dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Bahkan, sebelum bertanding ia kerap menyempatkan diri untuk membaca kitab suci Al Qur’an. Saat ini, gelandang 31 tahun itu bermain untuk klub tenar Liga Inggris, Arsenal.

2. N’Golo Kante

© Charlotte Wilson/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante. Copyright: Charlotte Wilson/GettyImagesPemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, N'Golo Kante.

N’Golo Kante merupakan bintang Timnas Prancis berdarah Mali. Pemain membela Chelsea ini dikenal sebagai pribadi yang sangat sederhana.

Di tengah kesibukannya bermain untuk salah satu klub top Liga Inggris, Kante tidak pernah melupakan kewajibannya sebagai seorang Muslim. Pada tahun 2017 lalu, pemain kelahiran Paris itu mengisi liburan dengan melakukan ibadah umrah.

3. Mohamed Salah

© Twitter/@FootyGhana
Mohamed Salah merayakan gol saat laga Mesir vs Kongo di Piala Afrika 2019, Kamis (27/06/19). Copyright: Twitter/@FootyGhanaMohamed Salah, bintang sepak bola Liverpool saat perkuat Timnas Mesir.

Saat ini, siapa yang tidak mengenal Mohamed Salah. Bintang klub Liverpool ini telah menginspirasi banyak orang untuk lebih dekat dengan agam Islam.

Tak hanya dikenal dengan kehebatannya di atas lapangan, Mohamed Salah juga dipuji karena memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia rela menyisihkan sebagian penghasilan sebagai pemain sepak bola untuk membantu orang-orang tidak mampu di kampung halamannya, Nagrig, Mesir.

4. Paul Pogba

© Getty Images
Paul Pogba berselebrasi usai berhasil mencetak gol ke gawang Bournemouth. Copyright: Getty ImagesPaul Pogba, gelandang serang klub Liga Inggris, Manchester United.

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, juga merupakan pemain sepak bola Muslim yang namanya sangat dikenal dunia. Sebelum berlaga di Piala Dunia 2018 lalu, Pogba bahkan menyempatkan diri untuk melakukan ibadah umrah terlebih dahulu.

Pada pertengahan tahun 2019, saat ia diterpa isu hengkang ke Real Madrid, Pogba memilih memenangkan diri dengan beribadah umrah ke Tanah Suci. Ia melakukan umrah bersama rekannya yang saat ini membela Chelsea, Kurt Zouma.

5. Franck Ribery

© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Frank Ribery saat memperkuat Fiorentina di laga melawan Juventus Copyright: Nicolò Campo/LightRocket via Getty ImagesFrank Ribery, gelandang serang klub Serie A Italia, Fiorentina.

Mantan gelandang serang Bayern Munchen yang kini bermain di Fiorentina merupakan pesepak bola Muslim yang taat. Banyak contoh sebagai bukti jika pemain berdarah Prancis ini merupakan penganut Islam sejati.

Salah satu bukti yang paling mudah diingat adalah ketika dirinya merasa sangat marah saat dirinya dimandikan dengan bir oleh David Alaba dan sejumlah penggawa Bayern Munchen saat timnya menjadi juara Bundesliga Jerman di musim 2012-2013.

6. Zinedine Zidane

© Sport Bible
Zidane dikabarkan telah menolak untuk kembali ke Real Madrid Copyright: Sport BibleZinedine Zidane, pelatih klub Liga Spanyol, Real Madrid.

Legenda Timnas Prancis yang saat ini melatih Real Madrid, Zinedine Zidane, juga dikenal sebagai seorang Muslim yang taat.

Zinedine Zidane yang memiliki darah Aljazair dikenal taat menjalankan kewajiban shalat lima waktu. Dalam suatu kesempatan, Zidane mengungkapkan bahwa dengan menunaikan shalat dirinya merasa lebih tenang.

1