Liga Indonesia

Pensiun, Bambang Pamungkas Ternyata Punya Julukan Unik di Vietnam

Kamis, 19 Desember 2019 14:04 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla, Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, memiliki julukan unik di Vietnam. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, memiliki julukan unik di Vietnam.

INDOSPORT.COM – Mantan  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan rupanya juga memiliki kenangan khusus dengan legenda Persija Jakarta yang baru saja menyatakan pensiun dari sepak bola, Bambang Pamungkas.

Dahlan Iskan secara khusus hadir langsung ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk menyaksikan pertandingan pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019 antara Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya.

Pertandingan kandang terakhir Persija di Liga 1 2019 tersebut merupakan laga spesial karena menjadi pertandingan perpisahan Bambang Pamungkas. Pemain yang akrab disapa Bepe itu mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari lapangan hijau.

Dahlan Iskan, yang sudah sangat mengenal sosok Bambang Pamungkas, pun menyampaikan kesan-kesannya tentang pemain kelahiran Semarang tersebut.

“Hari ini saya bahagia sekali karena bisa ikut merayakan akhir dari karier Bambang Pamungkas. Hari ini Pak Gubernur hadir dan The Jakmania juga semua hadir. Tentu ini penghargaan yang luar biasa untuk Bambang Pamungkas,” kata Dahlan Iskan.

Selain merasa bahagia bisa menyaksikan pertandingan yang menjadi perpisahan Bambang Pamungkas, Dahlan Iskan ternyata juga menyimpan cerita unik tentang nama panggilan pemain yang identik dengan nomor punggung 20 tersebut.

“Saya sering ke Vietnam dan di sana selalu ditanya orang bagaiman kabar ‘Bengbeng’ sekarang. Saya kemudian berpikir siapa itu Bengbeng. Ternyata yang dimaksud adalah Bambang Pamungkas. Tadi saya sampaikan ke dia, bahwa di Vietnam pun namanya luar biasa harum,” tutur Dahlan Iskan.

Sepanjang kariernya, Bambang Pamungkas memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan membela Persija Jakarta. Bepe tercatat berseragam Macan Kamayoran dalam empat periode dengan prestasi terbaik meraih dua gelar juara Liga Indonesia.

Selain Persija Jakarta, sejumlah klub lain yang pernah dibela Bambang Pamungkas adalah Pelita Bandung Raya, EHC Norad (Liga Belanda), dan Selangor FA (Liga Malaysia).

Sedangkan untuk Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas tercatat pernah tampil di lima edisi Piala AFF (Piala Tiger), yakni tahun 2000, 2002, 2008, 2010, dan 2012. Total, Bepe mencatatkan 38 gol dari 86 penampilan bersama Tim Garuda di level internasional.