Liga Indonesia

Sang Legenda Pensiun, 3 Pemain Muda Ini Bisa Jadi The Next Bepe

Kamis, 19 Desember 2019 15:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Berikut INDOSPORT mencoba untuk memprediksi pemain muda yang bisa menyandang status The Next Bepe di persepakbolaan Indonesia. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Berikut INDOSPORT mencoba untuk memprediksi pemain muda yang bisa menyandang status The Next Bepe di persepakbolaan Indonesia.

INDOSPORT.COM – Legenda hidup Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola setelah kompetisi Liga 1 2019 berakhir.

Pria yang akrab di sapa Bepe ini memainkan pertandingan perpisahan di Liga 1 2019 ketika Persija berhadapan dengan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (17/12/19).

Keputusan Bepe untuk pensiun ini nyatanya tak hanya membuat pendukung Persija bersedih, akan tetapi seluruh pecinta sepak bola Indonesia akan merasa kehilangan.

Mengingat, Bambang Pamungkas sendiri sudah menjadi legenda di hati masyarakat. Bahkan tim Malaysia yang pernah ia bela, Selangor FA, juga menjadikan Bepe sebagai legenda klub.

Lalu adakah penerus atau The Next Bepe di Persija atau Timnas Indonesia? Dunia sepak bola sendiri terus berputar dan berganti generasi, sehingga peluang hadirnya The Next Bepe, atau bahkan melampaui pencapaian sang legenda, sangat mungkin terjadi.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk memprediksi pemain muda yang bisa menyandang status The Next Bepe di persepakbolaan Indonesia. Siapa saja mereka? Simak ulasannya.

Sutan Diego Zico

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Sutan Zico setelah berhasil mencetak gol pertama Timnas Indonesia vs Persikabpas Pasuruan, Senin (22/7/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSelebrasi Sutan Zico setelah berhasil mencetak gol pertama Timnas Indonesia vs Persikabpas Pasuruan, Senin (22/7/19).

Sutan Diego Zico merupakan pemain yang masuk dalam daftar pemain Persija Jakarta U-18. Dirinya berhasil menjadi top skor tim dengan koleksi 12 gol dari 17 pertandingan.

Jumlah gol tersebut nyatanya membuat Sutan Zico menjadi pencetak gol terbanyak kedua di kompetisi Liga 1 U-18 2019, bersama Galih Trianggoro dan Adithya Jory Guruh Setiawan.

Catatan apik tersebut bisa saja membuat Sutan Zico menjadi ujung tombak Persija dan Timnas Indonesia di mendatang. Namun dirinya juga harus meningkatkan kualitasnya sebagai striker.

Alfriyanto Nico Saputro

© niko_alfriyan
Alfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris Copyright: niko_alfriyanAlfriyanto Nico Saputro berusaha melewati lawan dengan menggiring bola di Inggris.

Pemain yang kemungkinan bisa menyandang status The Next Bepe adalah pemain Persija U-16, yakni Alfriyanto Nico Saputro. Dirinya telah megoleksi 9 gol dari 21 laga di Liga 1 U-16 2019.

Sama seperti Sutan Zico, Alfriyanto Nico menjadi top skor di kubu Persija U-16. Ia juga berhasil masuk dalam daftar 5 besar top skor Liga 1 U-16 2019.

Apabila Alfriyanto terus menampilkan permainan secara meningkat, maka dirinya bisa saja menjadi penerus Bepe di masa mendatang. Patut dinantikan.

Bagus Kahfi

© topskor/PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Bagus Kahfi. Copyright: topskor/PSSIPemain Timnas Indonesia, Bagus Kahfi saat jalani sesi latihan.

Terakhir, ada pemain yang bukan berasal dari tim muda Persija Jakarta. Pemain tersebut adalah penyerang andalan Timnas Indonesia U-19, yakni Bagus Kahfi.

Setelah tampil apik bersama Timnas Indonesia U-16 beberapa tahun lalu, Bagus Kahfi langsung disebut-sebut sebagai The Next Bepe. Terlepas dari nomor punggung 20, Bagus Kahfi memang tampil sangat produktif.

Wajar, jika beberapa pecinta sepak bola nasional menyandingkan Bagus Kahfi dengan Bambang Pamungkas. Karena Timnas Indonesia senior sendiri belum menemukan lagi sosok striker lokal setelah era Bepe dan Boaz Solossa.