Liga Indonesia

Degradasi di Indonesia, Bek Kalteng Putra Langsung Digaet Tim Serie B

Jumat, 20 Desember 2019 21:02 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Rafael Bonfim telah resmi digaet oleh tim Serie B Brasil musim 2020, Operario Ferroviario meski gagal membuat Kalteng Putra bertahan di Liga 1. Copyright: © INDOSPORT
Rafael Bonfim telah resmi digaet oleh tim Serie B Brasil musim 2020, Operario Ferroviario meski gagal membuat Kalteng Putra bertahan di Liga 1.

INDOSPORT.COM – Rafael Bonfim tak mampu menyelamatkan Kalteng Putra dari degradasi di ajang Shopee Liga 1 2019. Tak lama usai dipastikan turun kasta, Bonfim ternyata telah resmi digaet oleh tim Serie B Brasil, Operario Ferroviario, untuk musim 2020.

Dilansir dari Futebol Interior, kepindahan Bonfim ke Operario diumumkan pada Kamis (19/12/19) sore waktu setempat. Bonfim sendiri menjadi salah satu dari tiga pemain yang didatangkan sekaligus oleh tim tersebut.

Operario Ferroviario adalah tim yang berlokasi di Parana. Tim berjuluk Fantasma da Vila ini berstatus sebagai 10 besar di Serie B Brasil musim 2019. Perekrutan Bonfim disinyalir agar Operario bisa meraih pencapaian yang lebih baik musim depan.

Bonfim sendiri tidak asing dengan ajang Serie B Brasil. Sebelum hengkang ke Indonesia, ia membela Juventude di ajang yang sama pada 2018. Namun, Juventude kala itu harus terdegradasi karena menempati peringkat kedua terbawah.

Kepindahan Bonfim ke negara asalnya ini dikabarkan membuat beberapa pihak harus gigit jari. Pasalnya, sesaat setelah Kalteng Putra terdegradasi, ia dirumorkan langsung menjadi incaran beberapa klub di Indonesia dan Thailand.

Pada musim 2019, Bonfim dapat dikatakan tampil cukup konsisten. Pemain berusia 28 tahun ini mengemas dua gol dalam 29 penampilan. Golnya ke gawang PSIS Semarang dan Persela Lamongan menjadi penentu kemenangan Kalteng Putra.

Rafael Bonfim sendiri memang dipastikan tak memperkuat Kalteng Putra untuk musim depan. Berdasarkan regulasi, Kalteng Putra yang akan kembali tampil di Liga 2 2020 tidak diperbolehkan menggunakan pemain asing.