Liga Indonesia

Reputasi Top, 3 Eks Wonderkid Timnas Brasil Ini Layak Direkrut Persib Gantikan Hariono

Sabtu, 21 Desember 2019 21:45 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© uefa.com
Denilson, eks wonderkid Brasil, diminati Persib Bandung untuk Liga 1 2020. Copyright: © uefa.com
Denilson, eks wonderkid Brasil, diminati Persib Bandung untuk Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung, klub Liga 1 Indonesia, sepertinya bisa melirik sejumlah eks wonderkid Timnas Brasil, untuk mencari pengganti sang gelandang bertahan senior, Hariono.

Isu panas soal bursa transfer kembali menyeret klub Liga 1, Persib Bandung. Pada Kamis (19/12/19), beredar kabar manajemen klub bakal mendepak pemain seniornya, Hariono.

Kabar soal didepaknya Hariono muncul langsung dari mulut pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Dia menyebut nama Hariono ke dalam daftar pemain yang tak diperpanjang kontraknya.

"Sejauh ini baru dua pemain yang dikonfirmasi akan pergi dari tim, Hariono dan Kevin van Kippersluis," ujar Robert Rene Alberts.

Kepergian Hariono ternyata meninggalkan luka tersendiri bagi Persib. Jelas, Maung Bandung bakal kehilangan legenda tim, sebab Hariono sudah membela Persib sejak 2008.

Lebih dari itu, ditinggal Hariono juga berdampak pada kedalaman skuat Persib. Tak ada Hariono, membuat Persib sudah kehabisan stok gelandang bertahan.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Hariono adalah satu-satunya pemain dengan posisi natural gelandang bertahan yang saat ini dipunyai Persib.

Sementara empat gelandang lainnya, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, dan Kim Kurniawan, sebenarnya bisa menempati gelandang bertahan, tapi posisi aslinya hanyalah gelandang tengah saja.

Demi menambal kepergian Hariono, mungkin Persib Bandung perlu mendatangkan gelandang bertahan baru. Berikut INDOSPORT buatkan perkiraan nama para eks wonderkid timnas Brasil yang bisa menggantikan peran Hariono.

Denilson

© Arsenal.com
Denilson, eks wonderkid Brasil Copyright: Arsenal.comDenilson, eks wonderkid Brasil

Denilson namanya dahulu sempat digadang-gadang akan menjadi gelandang hebat untuk timnas Brasil. Bagaimana tidak, di usia 17 tahun Denilson sudah mampu menembus skuat utama Sao Paulo dan mengantarkan klubnya menjuarai gelaran Piala Dunia Klub.

Kegemilangan Denilson berlanjut, kala dirinya direkrut Arsenal pada 2006. Banyak yang berharap Denilson bisa berkembang menjadi gelandang bertahan tangguh Meriam London.

Namun bakat Denilson ternyata gagal memenuhi ekspetasi. Walau mampu mencatatkan 153 penampilan untuk Arsenal, Denilson tetap tak tergolong sebagai gelandang bertahan elite top dunia.

Selepas meninggalkan Arsenal pada 2013, karier Denilson kian meredup. Berpindah-pindah klub, mulai dari pulang kampung ke Sao Paulo lagi, mengembara ke Al-Wahda (Uni Emirat Arab), pernah dilalui Denilson agar bisa mengembalikan sentuhan emasnya.

Hingga akhirnya kini Denilson tercatat tak memiliki klub lagi. Terakhir ia bermain untuk Botafogo FC dan baru dilepas 22 April 2019 lalu.

Kalau Persib Bandung berminat, nama Denilson jelas layak untuk dipertimbangkan. Kiprah apiknya di masa lalu, siapa tahu bisa menjadi pengganti sepadan Hariono, dan bahkan meningkatkan kinerja lini tengah Persib.

Ze Eduardo

© Spox.com
Ze Eduardo, eks wonderkid Brasil Copyright: Spox.comZe Eduardo, eks wonderkid Brasil

Bakat emas Ze Eduardo sebagai gelandang bertahan sudah tercium saat dirinya masih berusia 18 tahun. Tepat pada 1 September 2009, raksasa Belanda sampai berani meminjam talenta potensial Ze Eduardo.

Kegemilangan Ze Eduardo juga menjadi langganan Timnas Brasil level U-17 dan U-20. Berdasarkan data Transfermarkt, Ze Eduardo total mencatatkan 25 penampilan bersama kedua level timnas Brasil tersebut.

Namun Ze Eduardo ternyata tak mampu memaksimalkan bakat yang dipunyainya. Setelah sempat mengembara di klub-klub Serie A Italia, seperti Parma, Empoli, dan Cesena, dia harus menerima kenyataan tersingkir dari level tertinggi sepak bola Eropa.

Ze Eduardo terakhir tercatat bermain untuk klub Liga Swiss, FC Wil. Ia kemudian menganggur setelah dilepas FC Wil pada 1 Juli 2019.

Andai Persib Bandung membutuhkan nama top untuk menggantikan peran Hariono, nama Ze Eduardo jelas layak masuk kandidat. Pengalamannya di Eropa dan Brasil sepertinya bisa menjadi pengganti sepadan Hariono, dan bukan mustahil malah meningkatkan kualitas lini tengah Maung Bandung.

Lucas Silva

©
Caption Copyright: Lucas Silva

Lucas Silva menghebohkan sepak bola Eropa kala dirinya diboyong klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Tepat pada 23 Januari 2015, sang gelandang bertahan asal Brasil direkrut Los Blancos dari klub Brasil, Cruzeiro.

Tak heran bila Real Madrid sampai memberanikan diri membeli Lucas Silva. Maklum saja, Lucas Silva merupakan andalan Timnas Brasil U-23 dengan catatan tujuh penampilan, dan telah mengantarkan Cruzeiro dua kali meraih gelar Liga Brasil.

Sayangnya, Lucas Silva kemudian gagal mengembangkan potensi maksimalnya di Real Madrid. Sempat dipinjamkan ke Marseille, dan pulang kampung Cruzeiro, Lucas Silva akhirnya didepak Real Madrid per 2 September 2019.

Selepas meninggalkan Real Madrid, Lucas Silva belum memiliki klub baru lagi. Ia masih menganggur dan hal itu jelas bisa dimanfaatkan Persib Bandung untuk mendapatkan pengganti Hariono.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%