Bola Internasional

Termasuk Klubnya Bomber Vietnam, 3 Tim Kasta Tertinggi Liga Belgia Bisa Tampung Saddil Ramdani

Sabtu, 21 Desember 2019 15:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Beberapa klub kasta tertinggi Liga Belgia sepertinya bisa menampung bakat Saddil Ramdani, pemain Timnas Indonesia yang siap tembus level sepak bola Eropa.

Nama Saddil Ramdani belakangan sedang mencuri perhatian pecinta sepak bola Tanah Air. Terutama soal masa depan kariernya yang hingga kini belum jua memiliki klub baru.

Saddil sebelumnya santer dikabarkan bakal menyusul Kurniawan Dwi Yulianto yang baru saja ditunjuk jadi pelatih klub Malaysia, Sabah FA. Namun kelanjutan isu menyebutkan bahwa ia batal gabung Sabah FA dan ingin merantau ke Eropa.

Seperti yang tertera dalam unggahan akun Twitter Indostransfer pada Sabtu (21/12/19) siang. Indostransfer menuliskan bahwa Saddil akan mentas di level sepak bola Benua Biru, dan kemungkinan besar adalah Liga Belgia.

Kalau boleh diterka, sejatinya ada beberapa klub kasta tertinggi Liga Belgia yang berpotensi menampung bakat Saddil Ramdani. Salah satu klub bahkan sudah ada yang menjadi tempat berkariernya penyerang tim nasional Vietnam.

Lalu, siapa saja klub kasta tertinggi Liga Belgia yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Zulte Waregem

Zulte Waregem mungkin jadi salah satu klub kasta tertinggi Liga Belgia yang bisa menampung bakat Saddil Ramdani. Maklum, Zulte Waregem kini memiliki bintang keturunan Indonesia, Sandy Walsh, yang mungkin saja bisa memberikan kemudahan bagi Saddil di sana.

Seperti yang kita ketahui bersama, Sandy Walsh merupakan bek kanan kelahiran Belgia yang beberapa kali melancarkan kode keras ingin membela timnas Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu Sandy pernah mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan PSSI.

Kalau Sandy berkenan, mungkin dirinya bisa memberikan referensi kepada Zulte Waregem tentang kualitas bakat Saddil. Jika itu terjadi dan berjalan lancar, bukan mustahil tahun depan kita bisa melihat Saddil berkostum Zulte Waregem.

Cercle Brugge

Nama Cercle Brugge merupakan salah satu klub dengan reputasi besar di Liga Belgia. Jelas saja, Cercle Brugge tercatat pernah tiga kali menjuarai gelaran Liga Belgia dan sekali meraih trofi Piala Belgia.

Meski demikian, kiprah Cercle Brugge musim ini tak terlalu cemerlang. Bahkan Cercle Brugge kini tercatat menduduki peringkat juru kunci klasemen sementara Liga Belgia.

Hal itu jelas membuat Cercle Brugge membutuhkan rekrutan anyar yang bisa mengubah nasib klub dan selamat dari zona degradasi. Kebetulan, Saddil Ramdani ingin mentas di Eropa, dan mungkin Cercle Brugge akan dengan senang hati menampungnya.

Apalagi Saddil bisa didatangkan dengan status bebas transfer. Cercle Brugge akan menghemat ongkos, dan berpotensi mendapatkan untung besar dengan kualitas Saddil dalam menyisir sisi sayap.

Sint-Truidense VV

Satu lagi klub kasta tertinggi Liga Belgia yang mungkin jadi tempat pelabuhan bagi Saddil Ramdani. Sint-Truidense VV, tim yang kini menduduki tangga ke-11 Liga Belgia, bisa saja menampung bakat Saddil pada tahun depan.

Peluang muncul lantaran Sint-Truidense VV sudah akrab dengan pemain asal Asia Tenggara. Sint-Truidense VV kini memiliki seorang penyerang berkebangsaan Vietnam, Cong Phuong Nguyen.

Kebetulan, kiprah Cong Phuong Nguyen terkenal akan reputasinya sebagai bomber timnas Vietnam. Maka dari itu, bukan mustahil Saddil yang juga merupakan langganan timnas Indonesia, bisa menarik minat Sint-Truidense untuk menampung bakatnya.