Bola Internasional

Gara-gara Heerenveen, Doan Van Hau Tolak Bela Timnas Vietnam U-23

Sabtu, 21 Desember 2019 13:01 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bintang muda Vietnam, Doan Van Hau, menolak panggilan Timnas U-23 negaranya untuk berlaga di ajang Piala Asia U-23 2020. Van Hau mengaku ingin fokus bersama klubnya, SC Heerenveen, dan tak mau bermain di turnamen tersebut.

Laman sepak bola Bongda melaporkan, Doan Van Hau memilih fokus membela Heerenveen dan menutup peluang tampil di putaran final Piala Asia U-23 yang digelar tahun depan. Meski demikian, pemain belakang berusia 20 tahun itu mengaku cukup berat tak bisa membela Timnas Vietnam U-23.

“Saya tidak akan pernah meninggalkan kewajiban saya membela tim nasional. Namun untuk kejuaraan Piala Asia U-23, saya tidak akan bermain. Saya telah membuat keputusan,” ungkap Doan Van Hau.

Alasan Doan Van Hau menolak panggilan Timnas Vietnam U-23 untuk bermain di Piala Asia U-23 2020 memang cukup beralasan. Selain ingin fokus bersama Heerenveen, turnamen tersebut juga tidak masuk dalam kalender utama FIFA.

Keputusan Van Hau untuk tidak ambil bagian di ajang Piala Asia U-23 2020 tentu akan mengurangi kekuatan Vietnam. Pasalnya, pemain kelahiran Thai Binh itu merupakan pilar penting di lini belakang skuat muda The Golden Star.

Sebelumnya, Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam U-23 telah berusaha meyakinkan Doan Van Hau agar mau tampil di Piala Asia U-23 2020. Selain itu, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) juga berharap Heerenveen bersedia melepas bintang mudanya tersebut.

Seperti diketahui, Doan Van Hau merupakan salah satu pemain andalan Timnas Vietnam U-23. Pemain didikan Hanoi FC itu baru saja membawa negaranya meraih medali emas cabang sepak bola SEA Games 2019 yang digelar di Filipina beberapa waktu lalu.

Piala Asia U-23 2020 sendiri akan digelar di Thailand pada tanggal 8-26 Januari 2020 mendatang. Thailand selaku tuan rumah akan ditemain Vietnam sebagai dua negara wakil ASEAN dalam turnamen yang diikuti oleh 16 tim tersebut.