Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Everton vs Arsenal: Remis Tanpa Pelatih Baru

Sabtu, 21 Desember 2019 21:23 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Duel seru tersaji di laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-18 antara Everton vs Arsenal di Stadion Goodison Park, pada Sabtu (21/12/19) malam WIB. Kedua tim hanya bisa bermain imbang 0-0.

Everton dan Arsenal yang baru saja menunjuk pelatih baru yakni Carlo Ancelotti dan Mikel Arteta, belum bisa mendampingin timnya masing-masing di pekan ini.

Ancelotti sendiri datang ke Inggris untuk menggantikan Marco Silva melatih Everton, sedangkan Arteta menggantikan Unai Emery yang dipecat karena rentetan buruk beberapa waktu lalu.

Dengan hasil pertandingan imbang ini, Arsenal mampu memperbaiki posisinya di tabel klasemen Liga Inggris, dari urutan ke-10 naik satu peringkat ke posisi 9 dengan koleksi 23 poin.

Nasib serupa juga dialami Everton. The Toffees naik satu peringkat dari posisi ke-16 menjadi 15 setelah memperoleh 19 poin. Itu artinya, Michael Keane Gylfi Sigurdsson dan kolega hanya berada dua strip dari zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tuan rumah, Everton langsung berinisiatif mengambil serangan. Penguasaan bola mereka lakukan dengan cukup baik, untuk membangun pola serangan dan membongkar pertahanan Arsenal.

Meski menguasai ball possessions, Everton bermain sangat hati-hati dan tak mau bermain terbuka. Pada menit ke-12 mereka mendapat nasib sial.

Salah satu gelandang serangnya, Alex Iwobi harus ditarik keluar karena cedera hamstring. Ia lantas digantikan oleh Cenk Tosun untuk mengisi lini tengah bersama Calvert-Lewin.

Kehadiran Tosun memberikan dampak positif terhadap daya dobrak Everton. Sayang, percobaan pertama dari pemain asal Jerman itu masih melambung di atas mistar gawang Arsenal.

Peluang kembali di dapat Everton di menit ke-17. Upaya Richarlison yang melepaskan tembakan setengah voli, masih belum menemui sasaran karena berhasil dihalau oleh Saka.

Memasuki setengah paruh waktu babak pertama, kedua tim masih saling melancarkan serangan tapi kesalahan mendasar kerap dilakukan keduanya.

Akibatnya, peluang-peluang kedua tim banyak terbuang sia-sia, ditambah lagi dengan penyelesaian akhri yang buruk sehingga kedua tim gagal mencetak gol di babak pertama hingga peluit jeda dibunyikan.

Sama seperti babak pertama, di babak kedua Everton langsung tampil menggebrak. Serangan mereka membuahkan peluang berbahaya.

Lucas Digne mengantarkan bola kepada Richarlison yang lantas meneruskannya ke tiang jauh. Tapi tak ada pemain lain yang menyambutnya.

Arsenal di laga ini yang lebih banyak bermain bertahan, beberapa kali juga melancarkan serangan. Pada menit ke-54, mereka memperoleh peluang.

Dua kali Pierre-Emerick Aubameyang memberikan ancaman tapi dua kali juga kiper Everton, Jordan Pickford mampu menepis bolanya.

Everton langsung membalasnya. Terjadi kemelut di depan gawang Bernd Leno, membuat Sigurdsson tak punya pilihan langsung melepaskan tembakan keras ke arah gawang.

Tapi banyak pemain yang berkumpul, membuat arah bola bisa dibendung. Tiga menit berselang, sebuah kontroversi terjadi, saat Saka menahan bola tembakan Calvert-Lewin di dalam kotak penalti Arsenal.

Ada anggapan ia menahannya dengan tangan, sehingga tuan rumah layak mendapat tendangan penalti. Namun melalui VAR, Everton hanya mendapat sepak pojok.

Hingga menit-menit akhir babak kedua, Everton tak mengendurkan serangan. Sementara Arsenal sendiri nampak terkurung. Laga berakhir dan skor kacamata imbang tanpa gol menutup pertandingan ini.

Susunan Pemain

Everton:

Jordan Pickford; Djibril Sidibe, Mason Holgate, Yerry Mina, Lucas Digne; Alex Iwobi, Tom Davies, Fabian Delph, Gylfi Sigurdsson; Richarlison, Dominic Calvert-Lewin.

Arsenal:

Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, David Luiz, Bukayo Saka; Lucas Torreira, Granit Xhaka; Reiss Nelson, Emile Smith Rowe, Gabriel Martinelli; Pierre-Emerick Aubameyang.