Liga Indonesia

Apa Kabar M. Irfan? Mantan Pemain PSIS dan PSS yang Kini Jadi Dosen

Minggu, 22 Desember 2019 17:56 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Pribadi M. Irfan
Sosok Mohamad Irfan merupakan mantan pesepak bola yang pernah berseragam PSIS Semarang dan PSS Sleman saat masih aktif menjadi pemain. Copyright: © Pribadi M. Irfan
Sosok Mohamad Irfan merupakan mantan pesepak bola yang pernah berseragam PSIS Semarang dan PSS Sleman saat masih aktif menjadi pemain.

INDOSPORT.COM – Sosok Mohamad Irfan merupakan mantan pesepak bola yang pernah berseragam PSIS Semarang dan PSS Sleman saat masih aktif menjadi pemain. Selain itu, dia juga pernah memperkuat PSIM Yogyakarta, Barito Putera, Persibo Bojonegoro, dan Persijap Jepara.

Lama tak terdengar setelah terakhir membela Elang Jawa pada tahun 2014, pria asal Tegal ini ternyata masih aktif di dunia olahraga dan khususnya sepak bola.

Namun, saat ini ia tidak hanya aktif menjadi seorang pelatih seperti mantan pesepak bola umumnya. M. Irfan juga aktif memajukan dunia olahraga melalui pengabdiannya menjadi seorang dosen di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Alhamdulillah kabar saya baik, kesibukan saya saat ini menjadi dosen di Unnes. Setelah pensiun saya melanjutkan pendidikan S2 di Unnes."

"Setelah lulus kurang dari dua tahun, saya langsung diminta untuk menjadi dosen di sana,” ujar M. Irfan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (22/12/2019).

“Awalnya saya juga bingung karena saat S1 saya tidak begitu aktif kuliah, tetapi mungkin jalan saya di situ dan saya akui bahwa saya benar-benar mulai belajar pada saat S2."

"Sekarang mulai nyaman di dunia pendidikan,” ungkap mantan pemain yang dulu identik dengan nomor 17 tersebut.

M. Irfan menjadi dosen di Unnes sejak tahun 2017 dan kini sudah hampir tiga tahun ia menjalani profesi sebagai pendidik di salah satu kampus negeri tersebut.

Pria yang dulu berposisi sebagai winger ini mengajar di prodi pendidikan kepelatihan olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Unnes.

Selain aktif menjadi dosen, M. Irfan juga masih di dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di tim Pra-Pon Jawa Tengah untuk menatap PON Papua tahun 2020.

“Kalau di dunia kepelatihan, saya saat ini menjadi asisten pelatih Pra-PON Jateng. Saya membantu Pak Eko Riyadi sebagai head coach, Alhamdulillah Jateng lolos ke PON Papua 2020,” tuturnya.

Di tengah berbagai kesibukannya pun, M. Irfan tetap tak lupa untuk mengikuti PSIS Semarang sebagai tim yang membesarkan namanya di awal-awal menjadi seorang pesepak bola. Ia mengaku masih mengikuti perkembangan Laskar Mahesa Jenar di Liga 1 2019.

“Saya masih mengikuti PSIS, harapannya kedepan PSIS lebih baik lagi. Walaupun tahun ini belum bisa finish sesuai target di 8 besar, semoga tahun depan bisa memenuhi target,” pungkas M. Irfan saat berbincang dengan redaksi berita olahraga INDOSPORT.