Liga Inggris

Data dan Fakta Jelang Derby London Tottenham vs Chelsea di Liga Inggris

Minggu, 22 Desember 2019 15:26 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris. Copyright: © Getty Images
Chelsea vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Duel seru akan tersaji di laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-18 antara Tottenham Hotspur vs Chelea di Tottenham Hotspur Stadium, pada Minggu (22/12/19) malam WIB.

Pertandingan bertajuk Derby London ini akan terasa spesial, karena akan jadi pertarungan antara murid dan guru. Hal itu mengacu pada sosok kedua pelatih.

Saat ini, Tottenham diarsiteki oleh Jose Mourinho yang ditunjuk untuk menggantikan Mauricio Pochettino usai dipecat karena rentetan hasil buruk.

Sedangkan di kubu Chelsea, Frank Lampard ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Maurizio Sarri yang hengkang ke Juventus di awal musim ini.

Seperti diketahui, Lampard merupakan mantan anak didik dari Mourinho ketika dirinya menjadi pelatih Chelsea dalam beberapa tahun terakhir.

Kerja sama keduanya menghasilkan sejumlah trofi bergengsi, seperti gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Reputasi yang sudah mentereng dari Mourinho, membuat Spurs sedikit lebih diunggulkan pada laga kali ini.

Apalagi head to head mencatat, Spurs lebih sering menang saat melawan Chelsea di liga domestik. Dalam lima pertandingan terakhirnya, The Lilywhites mengantongi tiga kemenangan, dan dua kemenangan untuk The Blues.

Selain itu, sejak dilatih Mourinho, Spurs hanya kalah satu kali dan tercatat belum pernah kalah di kandang sendiri. Sebuah fakta yang wajib diwaspadai oleh anak asuh Frank Lampard.

Lini depan Spurs juga patut diberi perhatian, khususnya untuk Harry Kane dan Dele Alli. Keduanya jadi momok menakutkan karena kerap mencetak gol penentu ketika bertemu Chelsea.

Harry Kane telah mencetak 6 gol dalam 13 penampilan melawan Chelsea di semua kompetisi. Sedangkan Dele Alli telah mencetak 6 gol dalam 7 penampilan melawan Chelsea di semua kompetisi.

Sayangnya, Spurs cuma bisa meraih 1 kali clean sheet dalam 7 laga terakhirnya melawan Chelsea di Liga Inggris. Itu artinya ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh The Blues untuk memenangkan laga.

Berikut Fakta dan Data Tottenham Hotspur:

Performa Tottenham Hotspur musim ini di Liga Inggris: Menang 7 kali, Imbang 5 kali dan Kalah 5 kali.

Rekor kandang Tottenham Hotspur musim ini di Liga Inggris: Menang 5, Imbang 2, Kalah 1.

Top skor klub: Harry Kane (9 gol)

Assist terbanyak untuk klub: Son Heung-min (7 assist).

Statistik Jose Mourinho bersama Tottenham di semua kompetisi: Menang 5, Imbang 0, Kalah 2.

Tottenham meraih kemenangan dalam dua laga terakhir di Liga Inggris musim ini: 5-0 vs Burnley (kandang), 2-1 vs Wolverhampton Wanderers (tandang).

Tottenham tak terkalahkan dalam 6 pertandingan kandang terakhirnya di Liga Inggris.

Berikut Fakta dan Data Chelsea:

Performa Chelsea musim ini di Liga Inggris: Menang 9 kali, Imbang 2 kali dan Kalah 6 kali.

Rekor kandang Chelsea musim ini di Liga Inggris: Menang 5, Imbang 0, Kalah 3.

Top skor klub: Tammy Abraham (11 gol)

Assist terbanyak untuk klub: Tammy Abraham, Willian, Callum Hudson-Odoi (masing-masing 3).

Statistik Frank Lampard bersama Chelsea di Liga Inggris: Menang 9, Imbang 2, Kalah 6.

Chelsea tak bisa meraih kemenangan dalam 2 laga terakhirnya di Liga Inggris: 1-3 vs Everton (tandang), 0-1 vs Bournemouth (kandang).

Chelsea punya rekor buruk di 2 laga tandang terakhirnya di Liga Inggris: 1-2 vs Manchester City, 1-3 vs Everton.