Liga Indonesia

Kisah Manis Aji Santoso, Pelatih yang Lupa Caranya Kalah Bersama Persebaya

Minggu, 22 Desember 2019 06:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Aji Santoso melalui kisah manis di pentas Liga 1 2019, saat dirinya bertindak menjadi pelatih Persebaya Surabaya. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Aji Santoso melalui kisah manis di pentas Liga 1 2019, saat dirinya bertindak menjadi pelatih Persebaya Surabaya.

INDOSPORT. COM - Aji Santoso melalui kisah manis di pentas Liga 1 2019, saat dirinya bertindak menjadi pelatih Persebaya Surabaya.

Nama Aji Santoso memang tak sedari awal musim melatih Persebaya Surabaya. Ia baru gabung Bajul Ijo per tanggal 31 Oktober 2019, menggantikan peran yang sebelumnya dipegang Wolfgang Pikal.

Pertama kali datang, Aji Santoso dihadapkan oleh kondisi Persebaya Surabaya yang sedang tak kondusif. Bayangkan saja, Persebaya kala itu sudah puasa kemenangan dalam enam laga beruntun.

Namun Aji Santoso langsung bertindak cepat membaca situasi. Ia langsung menjelaskan tatik yang diinginkannya, dan berharap skuat Persebaya untuk cepat beradaptasi.

"Saya berharap pemain bisa segera beradaptasi dengan cara yang saya inginkan. Mumpung masih ada waktu akan saya gunakan juga secara maksimal," kata Aji Santoso pada Selasa (05/11/19) silam.

Laga perdana, Aji Santoso menemani Persebaya bertandang ke markas Tira Persikabo. Hasilnya lumayan, Persebaya bisa menahan Tira Persikabo dengan skor 2-2.

Pada laga perdananya Aji Santoso menerapkan skema 4-2-3-1. Formasi itu dipatenkan Aji Santoso untuk menjamu PSM Makassar pada laga selanjutnya.

Keputusan Aji Santoso ternyata tepat. Formasi 4-2-3-1 andalannya berhasil memberikan kemenangan pertama Persebaya dengan skor 3-2 atas PSM Makassar.

Setelahnya, laju Persebaya bersama Aji Santoso seakan sulit terhenti. Persebaya hanya sekali tertahan 1-1 lawan Semen Padang pada 28 November 2019, sementara sisanya berhasil dituntaskan dengan kemenangan.

Hingga pentas Liga 1 2019 berakhir, Aji Santoso yang kerap menggunakan formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3, telah menemani Persebaya dalam sembilan pertandingan. Rincian hasilnya, Aji Santoso memberikan total dua hasil imbang dan tujuh kemenangan, dan tak tersentuh kekalahan sama sekali.

Berkat torehan tersebut, Persebaya menduduki peringkat dua klasemen pekan terakhir Liga 1 2019. Aji Santoso sukses menyulap Persebaya dari yang susah menang, menjadi tim kuat yang sulit untuk dikalahkan.