Liga Indonesia

Termasuk Eks Diklat Persib, 3 Calon Suksesor Ismed Sofyan yang Bisa Diincar Persija

Minggu, 22 Desember 2019 18:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persija
Persija Jakarta sepertinya bisa melirik sejumlah nama, termasuk eks Diklat Persib, untuk mendapatkan suksesor Ismed Sofyan. Copyright: © Media Persija
Persija Jakarta sepertinya bisa melirik sejumlah nama, termasuk eks Diklat Persib, untuk mendapatkan suksesor Ismed Sofyan.

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta sepertinya bisa melirik sejumlah nama, termasuk eks Diklat Persib, untuk mendapatkan suksesor Ismed Sofyan.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau Ismed Sofyan merupakan sosok legenda Persija Jakarta yang kini masih aktif bermain. Ismed sama sekali tak gentar dengan usianya yang telah menginjak 40 tahun, dan tetap setia mengawal posisi bek kanan Macan Kemayoran. 

Lihat saja kiprah Ismed di pentas Liga 1 2019. Berdasarkan data Transfermarkt, dia kian menua dan hanya mampu bermain reguler sebanyak 17 kali.

Walau stamina dan kemampuannya nampak masih mumpuni, performa Ismed harus diakui sudah tak segahar saat dirinya muda dulu. Persija Jakarta pun jelas perlu sekali memerhatikan hal ini, dan menyiapkan suksesor Ismed.

Kalau mau mencarinya segera, di luar sana ada sejumlah pemain lokal yang bisa dilirik Persija. Kemampuan para bek kanan yang dimaksudkan, diyakini punya kualitas sepadan untuk menggantikan peran Ismed di posisi bek kanan.

Lalu, siapa sajakah para calon suksesor Ismed Sofyan yang bisa dilirik Persija? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Alsan Sanda

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain BFC, Alsan Putra Masat Sanda berhasil menghindari dari tekel keras pemain Semen Padang Padang pada laga perdana grup B Piala Presiden 2019 di stadion Patriot, Minggu (03/03/19). Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPemain BFC, Alsan Putra Masat Sanda berhasil menghindari dari tekel keras pemain Semen Padang Padang pada laga perdana grup B Piala Presiden 2019 di stadion Patriot, Minggu (03/03/19).

Nama Alsan Sanda mungkin bisa dilirik Persija Jakarta untuk menjadi suksesor Ismed Sofyan. Maklum saja, Alsan memperlihatkan peforma menjanjikan saat menjalankan tugasnya sebagai bek kanan.

Pada gelaran Liga 1 2019, Alsan tercatat membela Bhayangkara FC. Alsan mampu mendapatkan menit bermain reguler dengan catatan 23 penampilan, dua gol, dan satu assist.

Alsan Sanda sendiri sudah berkarier di Bhayangkara FC sejak 2017. Hebatnya selama tiga musim bersama, Dia selalu berhasil mengantarkan Bhayangkara FC menghiasi papan atas klasemen.

Bagus Nirwanto

© Ronald Seger/INDOSPORT
Bek Kalteng Putra, Kevin Gomes (kanan) berusaha mengadang bek PSS Sleman, Bagus Nirwanto dalam laga Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (18/10/19). Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTBek Kalteng Putra, Kevin Gomes (kanan) berusaha mengadang bek PSS Sleman, Bagus Nirwanto dalam laga Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (18/10/19).

Nama berikutnya yang layak dilirik Persija Jakarta adalah Bagus Nirwanto. Kapten PSS Sleman di pentas Liga 1 2019 tersebut, diyakini punya kemampuan mumpuni untuk menjadi suksesor Ismed Sofyan.

Bagus Nirwanto sepanjang Liga 1 2019 tampil 25 kali memimpin timnya bertanding. Hasilnya, PSS Sleman yang merupakan tim promosi Liga 1 2019, mampu dibawa bercokol di peringkat delapan klasemen akhir.

Kebetulan, belakangan muncul pula kabar kalau Bagus Nirwanto sedang didekati Persija. Bagus Nirwanto sendiri sudah memberikan tanggapan terkait isunya hengkang ke Macan Kemayoran musim depan.

"Musim depan belum tahu juga dan saya fokus menjalani laga terakhir dulu. Rejeki di mana pun sudah diatur dan harus bersyukur," ungkap Bagus dalam jumpa pers, Sabtu (21/12/19).

Alfath Fathier 

© Instagram/@alfathfaathier
Pemain Madura United, Alfath Fathier, menggiring bola di laga melawan Perseru Badak Lampung pada pekan ke-11 Liga 1 2019 Copyright: Instagram/@alfathfaathierPemain Madura United, Alfath Fathier, menggiring bola di laga melawan Perseru Badak Lampung pada pekan ke-11 Liga 1 2019

Nama terakhir yang bisa dilirik Persija Jakarta ialah Alfath Fathier. Sosoknya terlihat memiliki kualitas mumpuni untuk menjadi suksesor Ismed Sofyan.

Lihat saja kiprahnya sepanjang Liga 1 2019, Alfath tercatat tampil 26 kali dengan sumbangan dua gol dan lima assist. Hebatnya lagi, pemain yang pernah menimba ilmu di Diklat Persib periode 2013-2016 ini mampu menempati sejumlah posisi sekaligus, tak hanya bek kanan saja.

Transfermarkt mencatat, Alfath Fathier sempat sekali dipasang di winger kiri, dua kali jadi winger kanan, dua kali jadi gelandang bertahan, dan sekali sebagai gelandang tengah. Data tersebut jelas memperlihatkan betapa mumpuninya Alfath Fathier untuk menyandang label pemain serba bisa.

Andai Persija Jakarta berminat, sejatinya peluang mendatangkan Alfath terbuka lebar. Sang pemain kontraknya bersama Madura United akan segera habis pada akhir 2019, dan bisa diboyong dengan status bebas transfer.