Bola Internasional

Bakal Latih Timnas, Shin Tae-yong Ternyata Pernah Lukai Klub Indonesia

Senin, 23 Desember 2019 20:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Dikabarkan bakal segera melatih Timnas, sosok Shin Tae-yong ternyata pernah melukai klub Indonesia beberapa tahun silam. Copyright: © INDOSPORT
Dikabarkan bakal segera melatih Timnas, sosok Shin Tae-yong ternyata pernah melukai klub Indonesia beberapa tahun silam.

INDOSPORT.COM - Dikabarkan bakal segera melatih Timnas, sosok Shin Tae-yong ternyata pernah melukai klub Indonesia beberapa tahun silam.

PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia akan diperkenalkan ke publik pada 25 Januari 2020 mendatang. 

Kabar penunjukan Shin Tae-yong ini dinyatakan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, pada Senin (23/12/19). PSSI disinyalir tertarik dengan pemaparan Shin untuk masa depan Timnas Indonesia.

Hanya saja, PSSI belum mengumumkan perihal durasi dan nilai kontrak untuk eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut. Hal tersebut kabarnya akan diumumkan lebih lanjut saat Kongres PSSI, pada bulan Januari 2020 mendatang.

Meski belum diresmikan, namun kemungkinan besar pelatih berusia 49 tahun itu yang akan menukangi skuat Garuda pada tahun 2020 mendatang dan berusaha meraih gelar Piala AFF sesuai dengan target yang diberikan PSSI.

Jelang peresmian Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, mari simak beberapa fakta menarik tentang juru latih kelahiran Yeongdeok itu selama aktif sebagai pemain. 

Salah satunya fakta jika Shin Tae-yong pernah melukai klub Indonesia, tepatnya saat ia menjebol sekaligus melumat klub Indonesia di ajang Liga Champions Asia.

Selama aktif sebagai pemain, Shin Tae-yong hanya memperkuat dua tim yakni Seongnam FC dan Queensland Roar FC. Saat berseragam Seongnam FC, ia telah tiga kali bertemu tim Indonesia di ajang Liga Champions Asia.

Pertemuan pertama terjadi di tahun 1994/1995, dalam gelaran yang masih bernama Asian Club Championship tersebut, Seongnam bertemu dengan Pelita Jaya di babak kedua wilayah Asia Timur.

Dalam pertandingan dua leg tersebut, Seongnam FC mampu menang telak dengan agregat 5-1. Pada leg pertama Seongnam menang 1-0, dan di leg kedua kembali pesta gol 4-1.

Pertemuan kedua Shin Tae-yong dengan tim Indonesia kembali terjadi di tahun berikutnya, yakni pada musim 1995/96 di babak penyisihan Grup Asia Timur Asian Club Championship.

Klub yang menjadi lawan Shin Tae-yong kali ini adalah Persib Bandung, pada matchday ketiga yang berlangsung di Bandung tersebut Seongnam berhasil menang telak 5-2 atas tuan rumah. Shin Tae-yong berhasil mencetak satu gol di menit ke-19' di laga tersebut.

Pertemuan terakhir Shin Tae-yong dengan klub Indonesia terjadi pada musim 2003, tepatnya saat berjumpa dengan Persik Kediri sebagai juara Liga Indonesia musim 2003 di babak penyisihan Grup G Liga Champions 2004.

Kembali, dalam dua pertemuan babak penyisihan tersebut Shin Tae-yong bersama timnya sukses mengalahkan wakil Indonesia, bahkan dengan skor telak mencapai 17-1. (1-2 di pertemuan pertama, dan 15-0 di pertemuan kedua).

Dalam pesta gol tersebut, Shin Tae-yong berhasil mencetak satu gol. Di Akhir kompetisi, Seongnam FC berhasil kembali mencapai babak final, namun sayang mereka gagal menjadi juara setelah kalah Al Ittihad.