Bola Internasional

Shin Tae-yong Resmi ke Timnas, Indonesia Harus Terimakasih Kepada Pelatih Vietnam

Senin, 23 Desember 2019 17:57 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© bongda.com
Pelatih Timnas Vietnam, Park Han-seo, telah memberikan nasehat kepada Shin Tae-yong sebelum memilih berlabuh ke Timnas Indonesia. Copyright: © bongda.com
Pelatih Timnas Vietnam, Park Han-seo, telah memberikan nasehat kepada Shin Tae-yong sebelum memilih berlabuh ke Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pria asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, akhirnya dipilih oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Namun, banyak yang belum tahu ternyata ada jasa pelatih Vietnam, Park Hang-seo, dalam mempengaruhi jalan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia.

Diketahui, Park Hang-seo berteman dekat dengan Shin Tae-yong karena sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Dilansir dari news.zing.vn, Park Hang-seo menjelaskan kalau sebelum menerima tawaran ke Indonesia, Shin Tae-yong selalu bertanya bagaimana kondisi di Asia Tenggara.

"Saya sempat mengatakan padanya kalau sulit untuk hidup di Asia Tenggara atau China. Bahasa, komunikasi, adat dan budaya berbeda dari Korea. Indonesia memiliki masalah agama. Sementara itu, China juga punya masalah sendiri," kata Park Hang-seo.

Pelatih yang mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 itu kemudian memberikan nasehat kepada Shin Tae-yong supaya bisa bijaksana dalam memilih.

"Sebagai saudara, saya percaya bahwa Shin Tae-yong bisa membuat keputusan yang bijaksana. Kehidupan seorang pelatih adalah serangkaian tantangan. Selalu ada tantangan baru sejak saya menandatangani kontrak dengan sepak bola Vietnam," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong juga mengatakan sangat terinspirasi dengan Park Hang-seo yang sukses membuat maju sepak bola Vietnam.

Prestasi yang sedang hangat adalah keberhasilan Park Hang-seo membawa Vietnam meraih medali emas sepak bola SEA Games 2019.

"Saya punya hati. Saya melihat kemungkinan (sepak bola Indonesia). Seperti pelatih Vietnam Park Hang-seo, kami berharap Gelombang Korea akan terjadi di Indonesia," tutur Shin Tae-yong.

Dengan hadirnya Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia akan membuat seru persaingan sepak bola di Asia Tenggara.

Shin Tae-yong memiliki pengalaman cukup mengesankan saat melatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu dengan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.