Liga Inggris

Darren Fletcher, Legenda Manchester United yang Bernasib Tragis di Masa Senjanya

Selasa, 24 Desember 2019 22:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Trotman/Getty Images
Darren Fletcher mengangkat trofi ICC 2014 bersama Wayne Rooney dalam balutan seragam Manchester United. Copyright: © Chris Trotman/Getty Images
Darren Fletcher mengangkat trofi ICC 2014 bersama Wayne Rooney dalam balutan seragam Manchester United.

INDOSPORT. COM - Darren Fletcher, pemain yang kerap dianggap sebagai legena Manchester United ini, kini harus menjalani nasib tragis di masa senja kariernya.

Karier sepak bola profesional Fletcher memang bermula dari Manchester United. Dipromosikan dari tim akademi ke skuat utama Manchester United pada 2001, Fletcher perlahan berkembang menjadi pemain yang berkualitas.

Fletcher baru mendapatkan menit bermain reguler bersama Manchester United pada musim 2002/03. Kala itu, Fletcher yang semula berposisi asli sebagai sayap kanan, digeser Sir Alex Ferguson untuk menempati sektor gelandang tengah.

Hasilnya, Fletcher mampu mencatatkan 22 penampilan di pentas Liga Inggris. Setelah itu Fletcher terus menjadi andalan Manchester United.

Karier Fletcher sendiri bersama Setan Merah berakhir pada 2 Febuari 2015, dan hijrah ke klub Liga Inggris lainnya, West Bromwich Albion. Fletcher total tampil dalam 342 laga, mencetak 24 gol, serta menghasilkan 11 trofi dari berbagai ajang.

Fletcher hanya bertahan dua musim saja di West Brom. Kariernya kemudian dilanjutkan dengan membela Stoke City tepat sejak tanggal 1 Juli 2017.

Namun, baru semusim gabung Stoke City, Fletcher sudah diterpa nasib buruk. Fletcher harus menerima kenyataan klubnya terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris.

Belum cukup, Fletcher pada musim 2018/19 juga jarang mendapatkan menit bermain. Nama Fletcher seringkali tak disertakan Stoke City dalam mengarungi pentas Divisi Championship, atau kasta kedua Liga Inggris.

Puncak nasib tragis Fletcher terjadi pada 1 Juli 2019. Fletcher resmi dilepas Stoke City, dan hingga kini belum mendapatkan klub lagi.

Fletcher yang dulu dipuja-puja publik Old Trafford, saat ini harus menganggur tak memiliki klub. Apalagi Fletcher sudah menginjak usia 35 tahun, yang pasti sudah tak seprima dulu, dan mungkin benar-benar akan kesulitan untuk mencari klub pelabuhan baru.