Bola Internasional

Bongkar Kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia, Media Korea Singgung Simon McMenemy

Rabu, 25 Desember 2019 12:45 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Media asal Korea Selatan menyebut bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki rekam jejak yang meyakinkan ketimbang Simon McMenemy. Copyright: © INDOSPORT
Media asal Korea Selatan menyebut bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki rekam jejak yang meyakinkan ketimbang Simon McMenemy.

INDOSPORT.COMShin Tae-yong dikabarkan akan menandatangani kontrak bersama Timnas Indonesia pada Kamis (26/12/19) esok. Media asal Korea Selatan, Donga, menyebut bahwa Shin memiliki rekam jejak yang meyakinkan ketimbang Simon McMenemy.

Donga menyebut bahwa pemecatan Simon McMenemy dilakukan usai rentetan hasil buruk di empat laga pembuka Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih asal Skotlandia itu gagal membawa skuat Garuda meraih kemenangan dan kebobolan 14 gol.

Akibat empat kekalahan beruntun, McMenemy langsung diberhentikan oleh PSSI meski kontraknya masih tersisa hingga akhir 2020. Untuk sementara, posisi pelatih asal Skotlandia ini digantikan oleh asistennya, Yeyen Tumena.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, McMenemy baru meraih dua gelar di kompetisi klub. Ia meraih gelar National Men’s Championship Filipina bersama Loyola Meralco Sparks (2014/15) dan Liga 1 bersama Bhayangkara FC (2017).

Hampir sama dengan McMenemy, Shin Tae-yong pun meraih dua gelar di level klub. Hanya saja, bersama Seongnam Ilhwa Chunma, ia merengkuhnya di level yang lebih tinggi. Dua trofi yang ia berhasil raih adalah Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011.

Di level internasional pun, Shin telah memenangkan satu gelar untuk Timnas Korea Selatan. Dalam kompetisi Piala Asia Timur (EAFF) 2017 yang digelar di Jepang itu, Shin membawa Taeguk Warriors merengkuh gelar keempatnya sepanjang sejarah.

Donga kemudian menyatakan bahwa Shin Tae-yong akan mengikuti jejak Park Hang-seo yang terlebih dahulu berkiprah di ASEAN bersama Vietnam. Pertemuan berikutnya antara Timnas Indonesia dan Vietnam disebut-sebut akan sangat menarik.

Sejauh lima laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar, Vietnam menjadi pemuncak grup G dengan 11 poin dari lima laga. Sedangkan, Timnas Indonesia masih menjadi juru kunci. Kedua negara ini akan kembali bertemu pada 20 Juni 2020 mendatang.