Liga Champions

Luar Biasa! Real Madrid Puncaki Daftar Klub Terbaik dalam Sejarah Liga Champions

Rabu, 25 Desember 2019 17:15 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Image
Real Madrid baru saja dinobatkan sebagai klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions. Copyright: © Getty Image
Real Madrid baru saja dinobatkan sebagai klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Real Madrid baru saja dinobatkan sebagai klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions. Dalam rilis resmi UEFA, Los Blancos menempati posisi puncak daftar klub terbaik kompetisi antarklub elite Benua Biru tersebut.

Sejak kali pertama digelar pada 1955, kompetisi Liga Champions memunculkan nama Real Madrid sebagai klub paling sukses. Tak hanya menjadi klub dengan koleksi gelar juara terbanyak, raksasa LaLiga Spanyol itu juga memimpin dalam hal perolehan poin.

Dalam daftar 30 klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions, Real Madrid berada di posisi teratas dengan raihan 600 poin. Status Los Blancos sebagai Raja Eropa kian dipertegas dengan koleksi 13 trofi Si Kuping Besar.

Real Madrid menjadi klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions karena mereka konsisten bermain di kompetisi elite Eropa. Hingga kini, mereka telah berpartisipasi dalam 50 edisi, terbanyak di antara tim-tim lain.

Di posisi kedua ada jagoan Bundesliga Jerman, Bayern Munchen. Die Roten yang telah lima kali memenangi Liga Champions berada tepat di bawah Real Madrid dengan raihan 474 poin.

Kemudian, posisi lima besar daftar klub terbaik sepanjang sejarah Liga Champions secara berurutan ditempati oleh Barcelona (446 poin), Manchester United (374 poin), dan Juventus (349 poin).

Sedikit kejutan terjadi ketika juara bertahan Liverpool ternyata hanya menempati peringkat tujuh. The Reds berada satu strip di bawah pemilik tujuh gelar juara Liga Champions, AC Milan.

Liverpool yang merupakan juara Liga Champions 2018-2019 berada di peringkat tujuh dengan raihan 289 poin. Peringkat mereka masih lebih baik dari klub top Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam.

Ajax Amsterdam yang musim lalu mampu menembussemifinal Liga Champions berada di peringkat ke-10 dengan koleksi 266 poin.

Sementara itu, klub-klub yang belum pernah merasakan nikmatnya mengangkat trofi Si Kuping Besar seperti Dynamo Kyv, Arsenal, Atletico Madrid, Lyon, dan juga Galatasaray masuk dalam 30 besar karena mereka konsisten tampil di fase grup.