Liga Indonesia

Kenang Tsunami Aceh, Legenda Persija Kirim Pesan Menyentuh Kalbu

Kamis, 26 Desember 2019 14:15 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Tragedi Tsunami Aceh yang terjadi tepat 15 tahun silam pada 26 Desember 2004 rupanya sangat membekas di benak legenda hidup Persija Jakarta, Ismed Sofyan. Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Tragedi Tsunami Aceh yang terjadi tepat 15 tahun silam pada 26 Desember 2004 rupanya sangat membekas di benak legenda hidup Persija Jakarta, Ismed Sofyan.

INDOSPORT.COM - Tragedi Tsunami Aceh yang terjadi tepat 15 tahun silam pada 26 Desember 2004 rupanya sangat membekas di benak legenda hidup Persija Jakarta, Ismed Sofyan. Sang pemain diketahui mengirim pesan penuh haru di akun Instagram pribadinya.

Ismed Sofyan mengunggah foto saat terjadinya bencana Tsunami yang menerjang Aceh, 15 tahun silam. Dalam kolom keterangan foto, dia menulis pesan agar semua umat manusia bisa hidup lebih baik lagi di bumi ini.

“Mengenang 15 tahun terjadinya bencana Tsunami yang terjadi di Aceh. Semoga kita bisa hidup lebih baik lagi di muka bumi ini. Aamiin,” tulis Ismed melalui akun Instagram pribadinya, @ismedsofyan14.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ismed Sofyan (@ismedsofyan14) on

Seperti diketahui, tepat pada tanggal 26 Desember 2004, gempa dangkal bermagnitudo 9,3 terjadi di laut dengan jarak 149 km dari Meulaboh. Gempa tersebut mengakibatkan tsunami yang melanda wilayah Aceh.

Bencana Tsunami Aceh yang terjadi 15 tahun silam memang sangat memilukan. Akibatnya, masyarakat Aceh merasakan kepedihan mendalam akibat kehilangan sanak keluarga dan kerabat.

Berdasarkan data Bank Dunia, sebanyak 167.000 orang dilaporkan meninggal dan hilang akibat bencana tsunami tersebut. Selain itu, tak kurang dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Sebagai orang kelahiran Aceh, Ismed Sofyan bisa merasakan betapa pedihnya bencana tersebut. Terlebih, Ismed juga kehilangan beberapa kerabat yang dulu pernah bersama-sama di klub Persiraja Banda Aceh.

Ismed sendiri merupakan pemain kelahiran Tualang Cut. Sebelum hijrah ke Jakarta dengan membela Persijatim dan Persija, ia lebih dulu menghabiskan waktu bersama PSBL Langsa dan Persiraja Banda Aceh.

Ismed mengawali karier profesionalnya bersama PSBL Langsa pada tahun 1997. Setahun kemudian, ia pindah ke Persiraja Banda Aceh.

Setelah itu, pemain berposisi bek kanan itu hijrah ke Ibu Kota dengan membela Persijatim Jakarta Timur. Dua musim membela Persijatim, Ismed Sofyan kemudian pindah ke Persija Jakarta pada 2003 hingga saat ini.