Bola Internasional

Kekuatan Mulai Merata, Bundesliga Kini Tidak Hanya Milik Bayern Munchen dan Dortmund

Jumat, 27 Desember 2019 23:53 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Juni Adi
© Picture Alliance/Getty Images
Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mencetak gol ke gawang Union Berlin dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (26/10/19) malam WIB. Copyright: © Picture Alliance/Getty Images
Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mencetak gol ke gawang Union Berlin dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (26/10/19) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Dominasi Bayern Munchen di Bundesliga Jerman musim 2019-2020 ini tampaknya akan sulit untuk terulang kembali, karena mulai muncul klub-klub tangguh.

Seperti diketehui, Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir kerap didominasi oleh Bayern Munchen, dan hanya Borussia Dortmund yang mampu menggangunya.

Namun sekarang, hal itu nampaknya tidak akan lagi terjadi karena di Bundesliga mulai bermunculan klub-klub tangguh, yang bisa membuat perburuan gelar lebih menarik, seperti adanya RB Leipzig dan Borussia Monchengladbach.

Dilansir dari The National, RB Leipzig mencatatkan rekor sebagai klub pertama dari wilayah Jerman Timur, yang mampu menjadi juara paruh musim Bundesliga Jerman musim 2019-2020 ini.

Memang pencapaian tersebut tidak diganjar oleh trofi atau semacamnya, tetapi keberhasilan RB Leipzig bersaing di papan atas, tampaknya membuat seluruh penggemar Bundesliga di dunia bersucka cita.

Pasalnya dominasi Bayern Munchen di Bundesliga Jerman telah membuat jenuh para penonton, yang bahkan mengatakan jika Bundesliga hanya memperebutkan posisi kedua saja. Karena posisi pertama sudah paten milik The Bavarians.

Dan saking dominannya Bayern Munchen di Bundesliga, mereka bahkan berhasil menjadi juara sebanyak 7 kali secara beruntun. Hanya Dortmund yang mampu mengganggunya pada musim 2011-2012,  tapi hanya satu kali saja.

Sekarang RB Leipzig mempunyai kesempatan, untuk menjuarai Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, setelah mereka hanya mampu mengakhiri musim di posisi kedua di musim 2016-17 lalu.

Sementara Borussia Monchengladbach menguntit di posisi kedua saat ini, terpaut 2 poin dari RB Leipzig di puncak klasemen. Dan Bayern Munchen berada di posisi ketiga dengan 30 poin, selisih 3 poin dari Dortmund di urutan ke-4.

Sepertinya Bundesliga Jerman 2019-2020 akan menjadi salah satu liga yang akan menghadirkan kejutan di akhir musim nanti. Entah RB Leipzig bisa mencatatkan sejarah atau malah Bayern Munchen, yang akan kembali menjadi kampiun untuk kedelapan kalinya secara berurutan.