Bola Internasional

Sebrangi Pulau, 4 Pesepakbola Ini Sukses di Bidang Lain

Jumat, 27 Desember 2019 14:31 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Aitor Alcalde/Getty Images
Victoria Beckham datang ke acara pernikahan David Beckham. Copyright: © Aitor Alcalde/Getty Images
Victoria Beckham datang ke acara pernikahan David Beckham.

INDOSPORT.COM - Untuk menjadi seorang pemain sepak bola terkenal di dunia, apa saja akan dilakukan oleh sang pemain, entah itu berlatih dengan rutin atau mencoba peruntungan di benua baru yang jauh dari kampung halaman.

Berbeda halnya dengan Cristiano Ronaldo, yang lahir di Portugal namun besar di Inggris serta Spanyol. Lionel Messi, Neymar, Philippe Coutinho, Sergio Aguero, dan beberapa pemain sepak bola Amerika Latin lainnya harus berjuang untuk menyebrangi pulau guna mendapatkan ketenaran, menunjukkan kepada dunia akan kelihaian mereka dalam mengolah si kulit bundar di atas lapangan.

Bila Messi, Neymar, Coutinho, dan Aguero hanya sekali berpindah pulau untuk meraih kesuksesan sepak bola, beberapa pemain di bawah ini harus berpindah-pindah pulau untuk meraih kesuksesan tidak hanya di sepak bola, namun juga di bidang lain.

1. Carlos Tevez ke China untuk Menambah Pundi-pundi Kekayaan

Memulai karier dari tanah kelahirannya di Argentina, Tevez muda bermain untuk Boca Junior selama empat tahun lamanya dari 2001 hingga 2005, sebelum dirinya pindah ke klub asal Brasil, Corinthians.

Selama satu tahun di Brasil, Tevez pun memutuskan untuk pindah benua tatkala West Ham United memberikannya penawaran untuk bermain di liga terkompetitif di Eropa, Liga Primer Inggris. Bersama The Hammers, Tevez tampil bak pahlawan dengan berhasil menyelamatkan West Ham dari jurang degradasi. Dari situlah, Tevez mulai dikenal dunia.

© Youtube/JustKickItTV
Carlos Tevez kini bermain untuk Boca Juniors Copyright: Youtube/JustKickItTVCarlos Tevez kini bermain untuk Boca Juniors

Kehebatannya bersama West Ham pun hanya semusim, karena dirinya menerima pinangan dari Manchester United di tahun 2007 sebagai pemain pindahan selama dua musim. Meski dua musim, dirinya berhasil dikenal sebagai penyerang tangguh dengan memberikan gelar dua gelar Liga Primer Inggris dan satu Liga Champions.

Dirinya pun terus berkembang pesat saat pindah ke Manchester City dan Juventus dengan meraih banyak gelar juara. Hingga pada akhirnya, Tevez kembali berpindah benua ke Asia, dengan menerima pinangan Shanghai Shenhua, guna menambah pundi-pundi kekayaannya. Hanya bertahan satu tahun, dirinya kembali pindah benua dengan Boca Juniors menjadi klubnya saat ini.

2. Sebastian Giovinco ke Amerika Serikat untuk Kesuksesan di Sepak Bola

Penyerang mungil asal Italia ini sejatinya besar dari akademi sepak bola lokal, yakni Juventus. Meski dibesarkan di akademi sepak bola ternama di Italia, Giovinco justru sukses di klub benua lain karena minim jam terbang saat bersama klub-klub Italia.

© Kevin Sousa/Icon Sportswire via Getty Images
Sebastian Giovinco. Copyright: Kevin Sousa/Icon Sportswire via Getty ImagesSebastian Giovinco.

Memutuskan pindah ke Major League Soccer (MLS), kasta sepak bola teratas di Amerika Serikat, penyerang yang kini berusia 32 tahun itu membela Toronto FC sejak tahun 2015. Tiga tahun di MLS, Giovinco sukses meraih satu gelar MLS Cup, pemain terbaik MLS, pemain terbaik versi suporter, serta sempat menyabet top skor MLS di musim 2014/15.

3. Park Ji-sung ke Eropa sebagai Pemain Asia Tersukses

Park Ji-sung yang dikenal sebagai manusia dengan tiga paru-paru ini memulai kariernya untuk bermain di klub Korea Selatan, Myongji Uni. Di tahun 2000, dirinya pun memutuskan hijrah ke klub asal Jepang, Kyoto Sanga.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Park Ji-Sung. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty ImagesPark Ji-Sung.

Bermain impresif di Jepang, membuat PSV Eindhoven tertarik untuk merekrutnya di tahun 2003. Gelandang serang ini pun setuju untuk pindah benua ke Eropa. Kehebatannya mulai tercium oleh Ferguson dan dibawalah dia ke Old Trafford Stadium pada tahun 2005.

Selanjutnya? Dirinya mulai banyak meraih gelar bersama Setan Merah dan diplot sebagai pemain sepak bola terbaik Asia yang pernah bermain di Liga Primer Inggris.

4. David Beckham ke Amerika Serikat untuk Sukses di Dunia Entertainment

Beckham sejatinya telah terkenal sebagai seorang pemain sepak bola, tatkala dirinya masih membela Manchester United. Namanya kian harum saat memutuskan untuk hijrah meninggalkan Old Trafford untuk bergabung ke Real Madrid sebagai bagian dari Los Galacticos pertama di bawah Florentino Perez, bersama dengan Ronaldo de Lima, Luis Figo, Zidane, hingga Roberto Carlos.

© popsugar
Justin Bieber ketika menonton pertandingan basket bersama David Beckham pada tahun 2010. Copyright: popsugarJustin Bieber ketika menonton pertandingan basket bersama David Beckham pada tahun 2010.

Namun, ketenaran Beckham mulai mendunia saat memutuskan untuk pindah benua ke Amerika Serikat, dengan membela Los Angeles Galaxy di MLS pada tahun 2007. Meski sempat dipinjamkan beberapa kali ke AC Milan, kepindahan Beckham ke LA Galaxy disebut-sebut sebagai salah satu faktor utama Beckham mampu merambah dunia entertainment.

Mantan kapten Timnas Inggris itu kini tidak hanya dikenal sebagai mantan pemain sepak bola terkenal saja, namun juga dikenal sebagai bintang iklan produk ternama, serta kerap muncul dalam beberapa film layar lebar meskipun hanya sebatas cameo saja.