Liga Indonesia

Tak Cukup Berlevel Timnas, Arema FC Butuh Kiper Seperti Kurnia Meiga

Jumat, 27 Desember 2019 19:03 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Arema butuh sosok kiper yang tak hanya punya jam terbang tinggi, tapi juga punya mental tangguh untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020 seperti Kurnia Meiga (kiri). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Arema butuh sosok kiper yang tak hanya punya jam terbang tinggi, tapi juga punya mental tangguh untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020 seperti Kurnia Meiga (kiri).

INDOSPORT.COM - Pelatih Kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah mengakui butuh sosok kiper yang tak hanya terasah jam terbangnya di level Tim Nasional, tapi juga punya mental tangguh untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan.

Dua poin itu lah yang menjadi syarat mutlak bagi sang kiper saat memilih karirnya di Arema FC. Pasalnya, mengawal mistar gawang tim Singo Edan memang membutuhkan konsistensi mental yang tinggi ketimbang tim lain.

"Itu dari pendapat saya pribadi. Berdasarkan pengalaman, performa kiper untuk mengawal gawang Arema FC memang berpengaruh kuat di mental," papar Pak Begal, sapaan akrabnya.

Dia juga mengakui, memang sangat sulit untuk mencari penjaga gawang sekaliber Kurnia Meiga. Adik kandung Almarhum Achmad Kurniawan itu diyakini masih sebagai gambaran kiper terbaik dengan karakternya.

"Sesiap apa pun fisik maupun tekniknya, kalau mentalnya tidak cukup tangguh, ya hilang, percuma saja," beber eks Pelatih Kiper Persela Lamongan tersebut.

"Jadi untuk kiper tim ini musim depan, mental yang utama. Selain tentunya pengalaman yang terasah di klub maupun timnas," sambung dia.

Arema FC sendiri memiliki empat kiper untuk mengarungi Liga 1 musim ini. Kecuali Andriyas Francisco, tiga nama lain mencatat penampilan di kompetisi, masing-masing Kurniawan Kartika Ajie (19 caps), Utam Rusdiana (13) dan Sandi Firmansyah (2).