Liga Italia

Roberto Mancini Pelatih yang Paling Tepat Tangani Timnas Italia

Sabtu, 28 Desember 2019 15:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Eks pelatih Inter Milan, Roberto Mancini, dianggap layak tukangi Timnas Italia usai membawa banyak kemajuan untuk Gli Azzurri. Copyright: © Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Eks pelatih Inter Milan, Roberto Mancini, dianggap layak tukangi Timnas Italia usai membawa banyak kemajuan untuk Gli Azzurri.

INDOSPORT.COM - Eks pelatih Inter Milan, Roberto Mancini, diyakini menjadi sosok tepat untuk menukangi Timnas Italia usai mencatatkan rekor sempurna di Kualifikasi Euro 2020.

Sebelumnya, Timnas berjuluk Gli Azzurri itu mampu mencatatkan rekor mentereng dengan 10 kali menang dari 10 pertandingan di ajang Kualifikasi Euro 2020. Torehan ini sendiri merupakan yang pertama kali bagi mereka.

Tak pelak kesuksesan Mancini mendapat banyak sanjungan dari orang-orang penting. Salah satunya dari ketua Badan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, yang menyebut mantan juru taktik Inter Milan itu merupakan satu-satunya orang yang pantas menjadi pelatih kepala.

"Saya mengerti jika hasil ini merupakan jerih payahnya, dan dia memang merupakan orang yang tepat untuk melakukan hal ini," tutur Gabriele Gravina, dilansir laman berita Football Italia.

"Ide utama saat ini ialah mengembangkan bakat-bakat muda dari pemain Timnas Italia dan menginvestasikan mereka untuk karier sepak bola masa depan. Sepak bola Italia telah dipatok akan kian berkembang sembilan hingga 10 tahun mendatang," tutupnya.

Sebelum berkecimpung sebagai pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini tercatat sempat menukangi beberapa klub besar raksasa Serie A Liga Italia. Salah satu tim yang membesarkan namanya ialah Inter Milan.

Tercatat dirinya sempat mendapat dua kali kehormatan untuk menukangi Inter Milan dalam kurun waktu 2004-2008 dan 2014-2016. Sayang pada kali keduanya menukangi Nerazzurri, dirinya tercatat hanya mampu menorehkan rasio menang 46,75 persen sehingga harus didepak.

Meski demikian, Mancini terbukti mampu bangkit dari keterpurukan dan berhasil membuat Timnas Italia menjadi tim ditakuti di dunia internasional. Hal ini bisa terlihat kala Gli Azzurri menorehkan catatan apik sepanjang tahun 2019 pada Kualifikasi Euro 2020.